Jumat 11 Nov 2016 13:39 WIB

Cara UMJ Hasilkan Bidan Berkualitas

Ibu yang baru saja melahirkan
Foto: familyshare.com
Ibu yang baru saja melahirkan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbagai cara dilakukan untuk meningkatkan kompetensi bidan. Salah satunya dilakukan dengan uji kompetensi. Ini pula yang dilakukan di Diploma 3 Kebidanan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ).

Seluruh peserta dinyatakan lulus 100 persen dalam uji kompetensi ini. Bagi seorang bidan, uji kompetensi merupakan gerbang utama menuju dunia profesi pasca pendidikan. Semua calon bidan berlomba-lomba mempersiapkan diri demi lulus dari tes tersebut.

Uji kompetensi ini dipersiapkan selama lebih dari 2 bulan untuk membentuk mental dan pengembangan kognitif lulusan. Sebelumnya, D3 Kebidanan UMJ telah  melaksanakan Try Out pada awal Oktober 2016 dengan metode PBT atau Paper Based Test. Berdasarkan hasil Try Out, beberapa lulusan tidak mencapai grade maksimal yang di tentukan.

Para dosen mengupayakan kelas tambahan bagi mereka yang masih kurang dalam target. Pendampingan ini dilakukan selama kurang dari 2 pekan dengan memaksimalkan waktu dalam membahas soal dan materi berulang-ulang.

Upaya para dosen untuk meningkatkan semangat dan mental lulusan di wujudkan dalam kegiatan Renungan.

Kegiatan ini dilaksanakan di salah satu ruangan dengan menghadirkan seorang pemuka agama. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun mental spiritual dan kejiwaan lulusan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement