Rabu 09 Nov 2016 16:58 WIB

Gesits Selenggarakan Tur Jawa-Bali

Rep: Rossi Handayani/ Red: Winda Destiana Putri
Rombongan touring jarak jauh GESITS Tour de Jawa Bali di Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) , Jakarta, Senin (7/11).
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Rombongan touring jarak jauh GESITS Tour de Jawa Bali di Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) , Jakarta, Senin (7/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka uji coba kemampuan dan kehandalan teknologi kendaraan listrik buatan anak bangsa, Garansindo Electric Scooter ITS (Gesits), melaksanakan touring jarak jauh 'Gesits Tour de Jawa Bali'. Beberapa rider dari Insitut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menggunakan lima skuter Gesits.

Dengan menempuh jarak lebih dari 1.200 kilometer, mulai dari Jakarta sampai Bali, dari 7-12 November 2016. Dalam kegiatan touring ini, sepeda motor listrik Gesits akan melakukan beberapa pengujian untuk melihat kesiapan dari berbagai aspek, sebelum diproduksi secara massal.

Pengujian itu termasuk pengujian performa secara menyeluruh, pengujian jarak tempuh dan konsumsi energi, serta pengujian aspek keselamatan. "Dukungan luar biasa yang diberikan oleh pemerintah Indonesia membuktikan komitmen pemerintah dalam mengapresiasi hasil karya anak bangsa, dan komitmen untuk mengurangi pencemaran polusi udara yang disebabkan oleh kendaraan bermesin konvesional selama ini," ujar Muhammad Al Abdullah selaku Presdir Garasindo.

Ia melanjutkan, Gesits akan menjadi milestone beberapa fondasi penting suatu bangsa. Pertama, Gesits akan menjadi produk hasil research universitas pertama yang akan berhasil menuju hirilisasi atau diproduksi secara massal.

Kedua, Gesits merupakan hasil karya anak bangsa yang akan menjadi kendaraan buatan asli bangsa Indonesia yang pertama. Tentunya hal hal tersebut merupakan suatu kebanggaan bagi seluruh bangsa Indonesia, karena Gesits tidak hanya menargetkan untuk mengisi pasar dalam negeri, tetapi mempunyai target orientasi untuk bisa bersaing di pasar otomotif internasional. "Besar harapan skuter listrik Gesits dapat menjadi pionir dalam industri otomotif karya anak bangsa, serta dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk terus berinovasi dalam mewujudkan kemampuan dan mimpinya," tambah Al Abdullah.

Dalam kegiatan Gesits Tour de Jawa Bali ini, para rider didukung oleh beberapa mekanik, yang dilengkapi dengan suku cadang dibutuhkan. Baik untuk perawatan, maupun perbaikan terhadap skuter listrik Gesits yang digunakan selama perjalanan.

Adapun kendaraan ini merupakan sepeda motor skutik otomatis bertenaga listrik, dengan daya motor 5KW yang dapat menempuh jarak sejauh 80–100 kilometer dalam satu pengisian baterai. Dengan kecepatan maksimal sampai dengan 100km perjam, atau setara dengan motor skuter bermesin konvensional 125cc.

Skuter buatan anak bangsa ini membutuhkan sekitar 1,5–3 jam untuk sekali pengisian baterai. Namun, Gesits tidak mengeluarkan emisi gas buang, sehingga skuter ini dapat menjadi solusi pengurangan pencemaran polusi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement