Rabu 09 Nov 2016 12:53 WIB

Kia Perkenalkan 4 Model Modifikasi Mobil Otonom

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Winda Destiana Putri
Kia Soul.
Foto: Dok: KIA
Kia Soul.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kia adalah salah satu merek yang memperkenalkan konsep mobil baru pada gelaran Specialty Equipment Market Association (SEMA) 2016 di Las Vegas. Konsep baru yang diusung oleh Kia adalah mobil otonom yang bekerja tanpa bantuan pengemudi.

Konsep mobil otonom ini memungkinkan pengguna untuk bebas melakukan aktivitas apapun di atas mobil seperti menonton televisi, bermusik dan aktivitas lainnya. Mobil pertama yang diperkenalkan adalah Kia Soul.

Tidak dilengkapi dengan kemudi, kursi baris depan pada Kia Soul dirancang lebih santai dengan posisi berhadap-hadapan dengan kursi belakang. Kendaraan cukup digerakkan dengan tombol fungsi yang terdapat pada dua tablet di dalamnya. Kia Soul dirancang untuk beroperasi di kawasan bisnis perkotaan.

Berbeda dengan Kia Soul yang dirancang lebih elegan, Kia Sorento Ski Gondola dibuat untuk pengguna yang menyukai berkendara di alam bebas. Mobil otonom ini sangat mampu meintasi medan-medan terjal dan naik turun gunung.

Sementara itu, konsep mobil otonom selanjutnya yang diperkenalkan adalah Sedona. Kia menyulap Sedona menjadi mobil otonom yang dapat dijadikan sebagai studio rekaman keliling. Sedona dilengkapi dengan perlengkapan yang mendukung pengguna untuk bermusik seperti mikrofon, speaker, dan panel akustik.

Mobil otonom yang dimodifikasi lainnya yaitu Niro Hybrid. Kia mengubah Niro Hybrid menjadi kendaraan yang mendukung Triathlon. Niro dilengkapi dengan tempat tidur kecil dan kursi ergonomis untuk atlet. Kia rencananya akan meluncurkan mobil sepenuhnya otonom ini pada 2030 mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement