Tuesday, 14 Sya'ban 1441 / 07 April 2020

Tuesday, 14 Sya'ban 1441 / 07 April 2020

Dokter RSHS Takjub Bocah tanpa Tempurung Kepala Bisa Bertahan 6 Tahun

Kamis 03 Nov 2016 14:41 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Andi Nur Aminah

RS Hasan Sadikin

RS Hasan Sadikin

Foto: SKYCRAPERCITY.COM

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung saat ini kedatangan seorang pasien istimewa. Pasien berusia 6 tahun itu tak memiliki tempurung kepala sejak lahir. Dokter Spesialis Bedah Syaraf Anak, Mirna Sobana Adriansyah pun menyatakan takjub dengan kemampuan daya tahan tubuh bocah tersebut. "Amazing, anak ini kuat," katanya.

Mirna mengatakan, untuk saat ini RSHS belum bisa memastikan apa penyebab perempuan itu mengalami kelainan tersebut. Karena, harus ada pemeriksaan secara keseluruhan lebih lanjut terhadap pasien yang bersangkutan. "Belum ada pemeriksaan secara keseluruhan kepada pasien ini. Ini harus di work up dulu," katanya.

Dia mengatakan, bocah berinisial O itu akan menjalani untuk work up dulu. "Kalau sebulan dua bulan menjalani work up go enggak ada masalah. Karena, enam tahun aja, dalam kondisi itu dia enggak ada demam," katanya.

Untuk waktu operasi, Mirna mengatakan, sepertinya operasi dilakukan nanti karena harus di work up dengan baik. Jadi, harus didiskusikan dulu dengan tim, tindakan operasi ini berisiko atau tidak. "Kita lihat awal tahun (untuk operasi, red) Januari-Februari bisa dioperasi tapi kami enggak janji," katanya.

Kondisi bocah O sendiri, kata dia, saat ini cukup baik. Bahkan, bocah O bisa bertahan selama enam tahun tanpa dokter dan tak mengalami infeksi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA