Wednesday, 4 Rabiul Awwal 1442 / 21 October 2020

Wednesday, 4 Rabiul Awwal 1442 / 21 October 2020

Tak Ingin Tersesat Selama di Seoul, Unduh Aplikasi Ini

Kamis 03 Nov 2016 01:35 WIB

Red: Winda Destiana Putri

Aplikasi Halal Korea memudahkan wisatawan Muslim pelesiran ke Seoul.

Aplikasi Halal Korea memudahkan wisatawan Muslim pelesiran ke Seoul.

Foto: Dok: Visitseoul.net

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seoul telah menjadi kota Metropolitan yang sibuk. Seoul juga sebagai pusat dari kegiatan politik, ekonomi, sosial dan budaya. Sungai Hangang, yang mengalir melalui pusat kota, menjadi pembelah bagi kota Seoul dalam dua bagian wilayah. Wilayah utara yang berorientasi pada kawasan budaya dan sejarah sedangkan wilayah selatan untuk kawasan bisnis.

Salah satu ciri khas dari kota Seoul adalah harmonisasi antara budaya tradisional dan budaya modern, dan ciri khas lainnya adalah ‘berbelanja’ untuk kosmetik dan fashion. Tempat tujuan yang paling populer di Seoul adalah kawasan perbelanjaan, seperti Myeng-dong, Pasar Dongdaemun, dan Pasar Namdaemun. Kategori tempat populer yang kedua adalah istana, seperti Gyeongbokgung dan Changgyeonggung. Kategori tempat populer selanjutnya adalah pemandangan alam dan atraksi seperti di Namsan Seoul Tower dan Lotte World.

Otoritas pariwisata Seoul selain menyediakan situs tur selama di Seoul, mereka juga telah mematenkan mobile aplikasi yang bisa diunduh oleh wisatawan asing ketika pelesiran di Negeri Ginseng ini. Selain memudahkan pencarian informasi objek wisata di sekitar Seoul, mobile aplikasi ini juga salah satunya memudahkan wisatawan Muslim menemukan tempat ibadah.

Dalam keterangan resmi yang diterima dari otoritas pariwisata Seoul, berikut beberapa aplikasi ponsel yang wajib diunduh sebelum melakukan perjalanan ke Ibukota Korea Selatan itu.

i Tour Seoul
 
i Tour Seoul dianggap sebagai versi mobile atau aplikasi smartphone dari Visit Seoul yang disediakan oleh Kota Seoul. Kontennya berasal dari Visit Seoul yang di optimalkan untuk penggunaan smartphone bagi wisatawan.

Seperti yang terdapat di Visit Seoul, Top 10, rekomendasi perjalanan wisata, pemesanan tiket pertunjukan dan hotel, informasi transportasi juga tersedia di sini. Perbedaan yang menonjol dalam aplikasi ini adalah tambahan layanan seperti 'restoran/stasiun bus terdekat dari lokasi' berdasarkan GPS dan sensor gyro.

Buat Anda yang merupakan penggemar Drama Korea atau K-Pop di aplikasi ini bisa menemukan lokasi syuting 'Seoul Drama Location Tours'. Anda juga bisa mengunjungi agensi besar seperti SMTOWN atau YG Entertainment dalam program 'Follow in Hallyu Stars' Footsteps'.

Nilai tambah untuk i Tour Seoul adalah dilengkapi peta dan buku panduan dengan format PDF yang dapat diunduh oleh pengguna sehingga dapat digunakan saat offline. Tidak hanya itu, aplikasi tersebut juga menghadirkan teknologi Augmented Reality (AR) yang dapat digunakan dengan buku panduan. Jika masih bingung, i Tour Seoul juga dilengkapi email staf yang akan menjawab pertanyaan pengguna, dan juga nomor telepon (hotline).

Visit Korea
 
Visit Korea adalah versi mobile application dari Visit Korea yang di sediakan oleh Korean Tourism Organization (KTO). Kontennya pun di optimalkan untuk pengguna smartphone bagi wisatawan. Banyak konten dari Visit Korea yang di situs juga terdapat di aplikasi ini. Layanan Smart Navigation, dan 'spot near me' yang mengandalkan GPS, juga tersedia.

Tidak hanya itu, Visit Korea juga menyuguhkan pilihan tempat wisata berdasarkan tema wisata yang diminati, mulai dari wisata perkotaan, wisata budaya, hingga wisata alam. Misalnya, dalam fitur Themed Travel, terdapat pilihan City Tours, Nightlife in Korea, UNESCO World Heritages dan Trekking & Hiking.

Selain berisi artikel mengenai tempat wisata, uniknya, Visit Korea juga meginformasikan tempat dengan Wi-Fi gratis di Korea. Fitur "Happy Wi-Fi" menampilkan peta kota Seoul lengkap dengan simbol Wi-Fi berwarna merah yang menunjukkan bahwa lokasi tersebut gratis Wi-Fi, misalnya di Seoul City Hall dan Cheonggye Plaza.

Halal Korea untuk Wisatawan Muslim

Halal Korea adalah mobile application bagi wisatawan Muslim. Halal Korea mendukung 5 waktu beribadah bagi wisatawan Muslim berdasarkan waktu Korea. Aplikasi ini akan memberitahukan waktu beribadah, dan juga memberitahu arah ‘Qibla’ yang berfungsi untuk menunjukan arah ke Makkah. Tidak hanya menampilkan penunjuk arah ke Makkah, tetapi aplikasi ini juga menunjukan tempat beribadah seperti Mushola, restoran bersertifikat halal, dan toko halal yang berada di Korea.

Aplikasi ini juga menawarkan rincian dan informasi tentang restoran dan supermarket yang menjual makanan Halal. Aplikasi halal bahkan membantu pengguna memindai kode produk makanan untuk mengidentifikasi makanan bersertifikat halal. Hasil scan barcode akan menunjukkan bahan-bahan yang dihindari pengguna seperti alkohol atau pork. Dalam aplikasi terdapat pula rincian tempat-tempat wisata di Korea yang sering dikunjungi oleh umat Islam. 

Fitur lainnya adalah Prayer. Fitur ini menyediakan alarm untuk mengingatkan waktu sholat. Tidak hanya itu, fitur tersebut menampilkan informasi detail mengenai Masjid atau tempat sholat di Korea. Di dalam fitur Prayer juga terdapat fitur Alquran yang memudahkan pengguna membaca Alquran tanpa harus membawanya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA