Sunday, 15 Syawwal 1441 / 07 June 2020

Sunday, 15 Syawwal 1441 / 07 June 2020

Surat Protes Lennon untuk Ratu Inggris Bernilai 950 Juta

Senin 31 Oct 2016 11:24 WIB

Rep: Gita Amanda/ Red: Winda Destiana Putri

John Lennon

John Lennon

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang pria penggemar John Lennon menemukan surat protes anggota The Beatles tersebut untuk Ratu Elizabeth II. Surat tersebut kini diperkirakan bernilai 60 ribu poundsterling atau sekitar 950 juta rupiah.

Orang yang menemukan surat itu membeli koleksi rekaman yang ternyata terdapat surat tersebut, seharga 10 poundsterling atau sekitar 143 ribu rupiah. Namun CNN Senin (31/10) melaporkan, surat tersebut kini nilainya meningkat berkali lipat.

Lennon menulis surat itu kepada Ratu Inggris dan menjelaskan secara serius dan sarkastik mengapa ia mengembalikan medali Member of the British Empire (MBE) yang diperolehnya. "Yang Mulia, saya kembalikan MBE ini sebagai protes saya atas keterlibatan Inggris dalam Nigeria-Biafra, dukungan Inggris pada Amerika di Vietnam," kata Lennon yang menandatangani suratnya dengan nama "John Lennon dari Bag", mengacu pada kampanye "bagism" Yoko Ono.

Pemilik surat membawanya ke hari khusus memorabilia di pameran The Beatles Story di Liverpool. Ahli Memorabilia Musik Darren Julien mengatakan, Lennon kemungkinan tak pernah mengirim surat itu karena ada noda di tanda tangannya. "Jika Anda menulis surat untuk Ratu, kalian pasti ingin surat yang rapih sempurna. Anda tak ingin ada noda tinta tercoreng. Ini menunjukkan ia (Lennon) menulis dua versi surat, yang salah satunya benar-benar dikirim ke Ratu," ujar Julien seperti dilansir Time.com.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA