Selasa, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Selasa, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Sekolah Peringati Puncak Bulan Bahasa

Jumat 28 Okt 2016 19:39 WIB

Red: Muhammad Hafil

Siswa SMK Motivasi Insani memeriahkan Bulan Bahasa dengan acara musikalisasi puisi Chairil Anwar

Siswa SMK Motivasi Insani memeriahkan Bulan Bahasa dengan acara musikalisasi puisi Chairil Anwar

Foto: Dok SMK Motivasi Insani

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR  -- Sejumlah sekolah memperingati  puncak bulan bahasa, Jumat (28/10).  Peringatan bulan bahasa itu sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda diperingati pada hari yang sama.

Salah satu sekolah yang memperingati bulan bahasa itu adalah SMK Motivasi Insani di Cibinong, Kabupaten Bogor. Kegiatan ini dimanfaatkan oleh  siswa melalui OSIS  dengan mengadakan berbagai macam perlombaan yang terkait dengan bahasa dan sastra.

Lomba-lomba itu antara lain musikalisasi puisi Chairil Anwar, menulis cerpen, bedah buku, dan story telling. Selain itu, juga diadakan kegiatan handphone free day di mana siswa dan guru seharian penuh selama di sekolah tidak menggunakan handphone dan diharuskan membaca buku.

Menurut Kepala Sekolah Motivasi Insani Ratu Tanti Rizkya, kegiatan ini selain untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda juga untuk meningkatkan bakat siswa. Siswa dan guru juga diharapkan untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang bahasa dan sastra.

“Oleh sebab itu, lomba yang diadakan berhubungan dengan bahasa dan sastra. Semoga dengan adanya kegiatan bulan bahasa ini bisa menumbuhkan lagi minat baca dan kecintaan siswa dan siswi SMK Motivasi Insani terhadap bahasa dan sastra Indonesia,” kata Ratu melalui siaran persnya yang diterima Republika.co.id,  Jumat (28/10).

Kegiatan ini, lanjut Ratu,  juga sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah mengenai GLS (Gerakan Literasi Sekolah). Di akhir acara, ratusan siswa yang mengikuti kegiatan itu  menyumbangkan beberapa buku untuk perpustakaan sekolah untuk menambah koleksi buku SMK Motivasi Insani. 

Bulan Bahasa dan Sastra adalah kegiatan yang digelar rutin oleh pemerintah melalui Badan Bahasa setiap bulan Oktober. Tujuannya adalah untuk memperingati hari lahir bahasa Indonesia seiring lahirnya Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA