Jumat 28 Oct 2016 07:28 WIB

Ini Penyebab Mobil Bekas dari Pesisir Pantai Lebih Murah

Rep: Rossi Handayani/ Red: Winda Destiana Putri
Mobil
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Mobil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat otomotif, Dewa Yuniardi mengungkapkan alasan, mengapa mobil bekas dari area pesisir pantai memiliki harga yang cenderung lebih murah. Menurutnya, kendaraan tersebut dipengaruhi dengan air yang berada di sekitar pantai, sehingga berisiko terkena korosi.

"Apalagi, kalau lewat di sungai-sungai yang payau, jadi korosi pas banjir, sungai dekat laut, jadi airnya memang riskan terhadap karat," kata Dewa, belum lama ini. Selain itu, wilayah di pesisir pantai Indonesia sebagian besar memang rawan terkena banjir. Kemudian apabila mobil tersebut terendam banjir, maka kinerjanya pun akan berkurang, dan beberapa komponen bisa mengalami kerusakan.

Sementara untuk mobil yang telah terkena banjir, Dewa mengungkapkan, biasanya nilai jualnya tidak akan jauh berbeda, dengan kendaraan roda empat bekas lainnya. Sebab, apabila kerusakan telah diganti, sulit untuk melihat pertanda mobil pernah terjadi masalah. "Sulit yah, kita harus teliti banget, kalau bekas banjir biasanya ada lumpur di karpet. Tapi, kalau mobil sudah bersih sih, enggak akan kelihatan," ungkapnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement