Friday, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 February 2020

Friday, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 February 2020

Studi Menyebutkan Penyuka Gim Lebih Pintar di Sekolah

Kamis 27 Oct 2016 07:14 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Andi Nur Aminah

Anak muda bermain game online di rental game online di Jakarta Selatan, Senin (25/4) malam.

Anak muda bermain game online di rental game online di Jakarta Selatan, Senin (25/4) malam.

Foto: Republika/ Yasin Habibi

REPUBLIKA.CO.ID, Sebagian orang menganggap gim atau permainan, khususnya gim komputer kurang ada manfaatnya. Sebagian lagi penyuka gim hanya berdasarkan hobi ataupun untuk mengisi waktu senggang.

Dilansir Lifehack, Kamis (27/10), gim darin atau game online misalnya, bisa lebih menyenangkan karena aspek sosialnya. Pemain gim bisa bermain dengan teman-teman di sekitarnya dan bahkan bertemu teman baru secara daring. Tetapi video gim juga ternyata tak hanya menyenangkan.

Sebuah penelitian menunjukkan, bermain gim ada korelasinya dengan tingkat kecerdasan di sekolah. Studi itu dilakukan di Australia yang melibatkan lebih dari 12 ribu siswa SMA. Studi menemukan, siswa yang secara teratur bermain video gim secara daring memiliki nilai lebih tinggi dalam pelajaran matematika, membaca, dan tes ilmu dibandingkan siswa bukan pemain gim.

"Siswa yang bermain gim daring hampir setiap hari mencetak 15 poin (nilai) di atas rata-rata dalam matematika dan 17 poin di atas rata-rata dalam ilmu pengetahuan," kata ekonom Alberto Posso dari RMIT University di Melbourne.

Ketika para penyuka gim ini bermain gim daring, Posso mengatakan mereka akan memecahkan teka-teki untuk pindah ke tingkat berikutnya. Hal itu juga melibatkan peggunaan pengetahuan umum sang pemain gim, seperti ilmu matematika dan membaca.

International Student Assessment (PISA) menguji siswa dari 700 lebih sekolah di pada 2012. Posso menunjukkan bahwa siswa yang secara teratur menghabiskan waktu bermain gim daring sedang mengembangkan kemampuan analisis dan pemecahan masalah yang juga dapat membantu mereka dalam kegiatan belajar di sekolah.

Tetapi hal yang yang juga ditekankan dari penelitian ini bahwa temuan ini hanya mengemukanan terkait korelasi, bukan sebab-akibat. Ini berarti, bermain video gim juga tidak serta merta menjamin Anda bisa menjadi paling pintar di sekolah.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA