Wednesday, 27 Jumadil Awwal 1441 / 22 January 2020

Wednesday, 27 Jumadil Awwal 1441 / 22 January 2020

Transjakarta Sediakan Layanan Khusus Penyandang Disabilitas

Kamis 20 Oct 2016 14:18 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Petugas memerika kondisi bus terbaru Transjakarta di Halaman Monas, Jakarta, Rabu (19/10)

Petugas memerika kondisi bus terbaru Transjakarta di Halaman Monas, Jakarta, Rabu (19/10)

Foto: Republika/Prayogi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyediakan layanan khusus bagi para penyandang disabilitas atau difabel yang ada di ibu kota bernama Transjakarta Cares. "Layanan Transjakarta Cares itu nantinya akan menjemput penyandang disabilitas untuk kemudian di antarkan ke halte Bus Transjakarta terdekat," kata Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono di Jakarta, Kamis (20/10).

Dia menjelaskan, melalui layanan tersebut, para penyandang disabilitas yang ada di Jakarta akan dengan mudah mengakses layanan moda transportasi yang aman, nyaman dan murah. "Para penyandang disabilitas juga merupakan warga Jakarta. Oleh karena itu, mereka berhak untuk mendapatkan fasilitas maupun subsidi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, termasuk dalam bidang transportasi," ujar Budi.

Untuk tahap awal, dia menuturkan pihaknya meluncurkan lima unit mobil dengan tujuh pramudi dan 20 satgas. Pihaknya menargetkan akan ada 40 unit kendaraan dalam waktu dekat untuk memaksimalkan layanan. "Selain itu, untuk tahap awal ini, Transjakarta Cares akan melayani dua zona, antara lain Jakarta Pusat dan Jakarta Barat. Layanan itu dimulai dari pukul 08.00 sampai 17.00 WIB setiap hari," tutur Budi.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengungkapkan ide layanan Transjakarta Cares itu muncul saat peluncuran layanan taksi ramah disabilitas oleh pihak swasta beberapa waktu lalu. "Dengan adanya layanan Transjakarta Cares ini, semoga akses para penyandang disabilitas untuk mendapatkan layanan transportasi di Jakarta jadi semakin mudah," ungkap Basuki.

Layanan Transjakarta Cares dapat dipesan dengan cara menghubungi call center (021)1500102. Petugas Transjakarta akan mengantar pelanggan hingga halte ramah difabel terdekat untuk meneruskan perjalanannya. 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA