Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

FBI Tangkap Peretas Asal Rusia

Kamis 20 Oct 2016 10:11 WIB

Rep: Nora Azizah/ Red: Winda Destiana Putri

peretas

peretas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang peretas asal Rusia ditangkap Federal Bureau of Investigation (FBI). Nama sang peretas tidak disebutkan. Penangkapan juga terekam dalam video singkat yang diunggah ke Youtube dengan kata kunci pencarian 'Yevgeniy N'.

Dilansir laman Mashable Kamis (20/10) namun penangkapan tersebut diduga terkait dengan kasus kejahatan siber yang belum lama ini terjadi di Amerika Serikat. Salah satunya berkenaan dengan peretasan platform LinkedIn. Pembobolan LinkedIn menjadi salah satu peretasan terbesar sepanjang sejarah teknologi internet.

LinkedIn merupakan sebuah media sosial dengan konten profil para profesional dan pekerja. Pada 2012 lalu, LinkedIn dibobol dan pelaku berhasil mencuri email dan kata sandi dari 117 juta pengguna. Peretasan tersebut langsung tersebar ketika mencuat di dunia maya. Data curian para pengguna digunakan secara tidak bertanggung jawab.

Seorang juru bicara kepolisian Josef Bocan mengatakan, tersangka ditangkap saat berada di Prague Hotel. Rencana penangkapan sebenarnya sudah dilakukan beberapa minggu sebelumnya tapi masih menunggu waktu yang tepat. Saat ini status tersangka masih menunggu ekstradisi dari pihak AS. Penangkapan tersebut menambah rentetan daftar panjang hacker asal Rusia yang menjadi pelaku kejahatan siber.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA