Rabu 19 Oct 2016 09:11 WIB

Lima Teknik Pengobatan Kuno Ini Awet Sampai Sekarang

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Andi Nur Aminah
Pemanis alami, madu
Foto: flickr
Pemanis alami, madu

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak teknik pengobatan modern dikembangkan saat ini. Meski demikian, teknik pengobatan kuno yang dikenal ribuan tahun sebagai warisan budaya seluruh dunia tak seluruhnya terlupakan.

Sebagian masih dipraktikkan alami karena efektif menyembuhkan sehingga dipakai sampai sekarang. Berikut ini adalah lima teknik pengobatan kuno yang masih digunakan di zaman modern, dilansir dari Natural News, Rabu (19/10).

Minuman madu

Sifat antibakteri dan penyembuhan pada madu menjadikannya obat favorit sejak zaman kuno, termasuk di Mesir, Yunani, dan Romawi. Hippocrates, ilmuwan Yunani yang dikenal sebagai dokter modern saat itu bersumpah bahwa madu tidak berbahaya.

Madu dapat mencegah kemandulan, menyembuhkan luka, obat pencahar, batuk dan sakit tenggorokan, sakit mata, topikal antisepsis, hingga pencegahan dan pengobatan bekas luka. Ini lah mengapa madu dianggap obat segala penyakit.

Nabi Muhammad juga merekomendasikan madu sebagai obat untuk diare. Lukisan batu berusia 8.000  tahun di Spanyol menggambarkan sosok seseorang memanen madu dari sarangnya. Ini membuktikan madu sudah lebih dulu manusia pakai sejak awal peradaban.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement