Jumat 14 Oct 2016 06:19 WIB

Kemenko Maritim Dukung Pelaksanaan Olahraga Bahari

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Suasana jelang Sail Karimata di Ketapang, Kalimantan Barat.
Foto: Republika/Frederikus Bata.
Suasana jelang Sail Karimata di Ketapang, Kalimantan Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, KETAPANG -- Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman mendukung segala bentuk pelaksanaan olahraga bahari. Saat ini di pantai Pulau Datok,  Kecamatan Sukadana, Kayong Utara, Kalimantan Barat, digelar lomba dayung perahu naga dan memancing. Ini sebagai rangkaian kegiatan menuju acara puncak Sail Karimata 2016 pada Sabtu (13/10).

"Ada lomba dayung, mancing, kita dorong, yang ada kita besarkan, yang macet-macet kita perlancar," kata Asisten Deputi Budaya, Seni, dan Olahraga Kemenko Maritim Kosmas Harefa, dalam diskusi di Hotel Borneo, Ketapang, Kalbar, Kamis (13/10).

Kosmas menjelaskan, tugas kementeriannya mengkoordinir keberlangsungan kegiatan olahraga bahari. Itu salah satu bagian dari proyek maritim. 

"Dalam hal ini, salah satu bidangnya kita, olahraga bahari. Kita melihat ada masalah apa, seperti apa sekarang, kita duduk bersama," ujarnya menambahkan.

Menurut dia, ini pekerjaan lintas sektoral. Sehingga melibatkan beberapa kementerian terkait. Di antaranya, Kementerian Pemuda dan Olahraga.

"Termasuk Kementerian teknis juga, kita tidak mengatur anggaran, bisa melibatkan sponsor juga," tutur Kosmas.

Semua kegiatan ini, kata dia, muaranya sejalan dengan cita-cita Presiden Joko Widodo. Kemenko Maritim, menurut Kosmas, mengimplementasikan melalui kebijakan dalam misi menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Wakil Bupati Ketapang, Suprapto mengatakan melalui kegiatan ini, bisa berdampak pada pengembangan kawasan pesisir. Hal tersebut, menurutnya dapat memberdayakan masyarakat melalui pendekatan partisipatif. 

Dalam konteks olahraga bahari, ketua bidang pembinaan prestasi, Koni Pusat, Tony Hoesodo menilai hal ini bisa dijadikan ajang penjaringan atlet potensial. Kemudian atlet-atlet tersebut dimasukkan dalam klub-klub profesional.

"Kita dorong ke event-event yang lebih tinggi," ujarnya.

Cabang olahraga seperti lomba mendayung masuk dalam kualifikasi Koni. Artinya, menurut Tony yang bisa diperlombakan di Pekan Olahraga Nasional (PON).

Ia merincikan kategori olahraga bahari. Pertama olahraga di atas permukaan laut seperti lomba mendayung, perahu layar. Kemudian olahraga di pesisir seperti voli pantai dan sepakbola pantai. Berikutnya olahraga di bawah permukaan laut seperti diving.

Event olahraga Bahari di Kayong Utara sebagai rangkaian kegiatan menuju puncak Sail Maritim 2016. Pada Sabtu (15/10) nanti, Presiden dan para menteri terkait hadir di Pantai  Pulau Datok mengikuti acara puncak tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement