Minggu, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 Desember 2019

Minggu, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 Desember 2019

Rencana Bebas Visa, Luhut: Masih Evaluasi

Kamis 13 Okt 2016 20:22 WIB

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Bayu Hermawan

Luhut Binsar Panjaitan

Luhut Binsar Panjaitan

Foto: Republika/Tahta Aidilla

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan wacana bebas visa masih dalam tahap pembicaraan. Ia mengatakan belum ada keputusan pasti kapan dan negara mana saja yang akan diberikan bebas visa ke Indonesia.

Menurutnya saat ini Kementerian Luar Negeri masih melakukan evaluasi terhadap negara negara mana saja yang bisa memberikan keuntungan lebih bagi negara. Luhut mengatakan, saat ini pihak Kementerian Luar Negeri masih melakukan kordinasi dengan pihak Imigrasi untuk mencari data data tersebut.

"Itu kemarin bu Retno bilang sama saya mau evaluasi setelah setahun ini. Negara negara mana yang jika diberikan bebas visa dapat nilai tambah ke kita. Kalau gak ada nilai tambah yaudah ngapain," ujarnya di Gedung ESDM, Kamis (13/10).

Luhut mengatakan sampai saat ini pemerintah masih menunggu pihak Imigrasi untuk memberikan data valid. Tidak hanya persoalan berapa intensitas dan kuantitas negara negara tetangga yang berdatangan ke Indonesia, tetapi juga trackrecord dan kualitas ekonomi dari para turis tersebut.

"Ini mereka masih kumpulin datanya dulu, nanti kan dievaluasi, mana mana yang bagus dikasih bebas visa mana yang enggak. Selama belum ada keputusan pasti dan presiden belum dikasih presentasi ya belum lah. Masih kita exercise," ujar Luhut.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA