Komisi X Prihatin 31 Juta Siswa SD Putus Sekolah

Kamis , 13 Oct 2016, 16:17 WIB
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra.
Foto: dpr
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra prihatin sebab tingginya angka putus sekolah di kalangan siswa Sekolah Dasar (SD). Menurutnya saat ini terdapat 31 juta siswa sekolah dasar di Indonesia, namun hampir 500 ribu lebih siswa SD harus putus sekolah.

“Indonesia telah merdeka selama 71 tahun, ternyata sampai tahun ini masih banyak siswa SD yang putus sekolah dan tidak bisa melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi,” kata Sutan, di sela-sela rapat kerja dengan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (13/10).

Menurut politisi F-Gerindra itu, angka ini secara presentase memang kecil. Namun dilihat jumlahnya cukup besar, 500 ribu siswa SD harus putus sekolah tiap tahun. “Jika tidak ada perbaikan, maka dalam satu dasawarsa ada 5 juta anak kita yang kehilangan potensi masa depan karena putus sekolah, ke depan akan menjadi masalah bangsa, mau kerja apa mereka, dari mana sumber ekonomi mereka,” kata dia.

Menurutnya, banyak hal yang menyebabkan mereka putus sekolah, salah satunya karena permasalahan ekonomi.Ditambah, kebijakan pendidikan dalam bentuk beasiswa massal seperti Program Indonesia Pintar (PIP) juga masih banyak kurang tepat sasaran.

“Terus terang saya sangat sedih melihat kondisi ini, bagaimana mungkin di saat kita sudah sampai final membicarakan perluasan akses pendidikan, peningkatan mutu dan persaingan global, tapi faktanya tiap tahun setengah juta anak-anak kita harus berhenti di sekolah dasar,” kata dia.

Walaupun menyedihkan, politisi asal dapil Jambi itu mengatakan inilah, bahwafakta inilahyang saat ini harus disikapi bersama, melalui program yang lebih menyentuh mereka yang kurang mampu. Berdasarkan Ikhtisar Data Pendidikan Kemdikbud Tahun 2015/2016, siswa yang lulus SD tetapi tidak melanjutkan ke SMP 946.013 orang. Ditambah dengan jumlah siswa yang melanjutkan ke SMP tetapi tidak lulus (51.541 orang), maka ada 997.554 anak Indonesia yang hanya berstatus tamatan SD pada 2015/2016.

Situasi cukup memprihatinkan karena ada 68.066 anak lainnya yang bahkan tidak melanjutkan studi di SD pada 2015/2016. Kalau hal ini terus terjadi setiap tahun dan tidak dilakukan terobosan, jumlah orang Indonesia yang maksimal hanya memegang ijazah SD terus meningkat. Adapun siswa yang lulus SMP tetapi tidak melanjutkan studi ke SMA/SMK ialah 99.406 orang. Ditambah dengan jumlah siswa SMA/SMK yang gagal melanjutkan studi (118.353 orang), maka total warga Indonesia yang hanya memegang ijazah SMP pada 2015/2016 ialah 217.759 orang.