Rabu 12 Oct 2016 14:40 WIB

Mohammad Soleh Ajak Anggota DPD 'Bersih' dalam Bertugas

Pimpinan DPD RI terpilih  berfoto usai rapat Paripurna Luar Biasa DPD, Nusantara V Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (11/10).
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Pimpinan DPD RI terpilih berfoto usai rapat Paripurna Luar Biasa DPD, Nusantara V Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (11/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Mohammad Saleh secara resmi menjadi Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI yang baru menggantikan Irman Gusman. Dalam pernyataan resmi pertamanya dia mengajak anggota DPD untuk bersih dalam menjalankan tugasnya.

"Saya akan mengajak seluruh anggota DPD RI untuk bersih dalam mengerjakan tugasnya. Itu penting," kata dia kepada pers di Gedung DPD RI di Senayan Jakarta, Rabu (12/10) usai dilantik menjadi Ketua DPD RI.

Selain itu, Ketua DPD terpilih akan berusaha menjaga keharmonisan dan menghilangkan segala friksi yang ada. Juga tak lupa akan menjalin kerja sama yang baik dengan pihak lainnya.

Dia mengatakan kalangan DPD RI perlu menjaga keharmonisan antaranggota serta menghilangkan friksi yang ada. "Selain itu, kami juga akan berkerja sama dengan lembaga lainnya, termasuk dengan partai politik pemerintah dan pihak-pihak lainnya," katanya.

DPD RI menggelar Sidang Paripurna Luar Biasa dalam rangka pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan Mohammad Saleh menjadi Ketua DPD RI baru periode 2016-2017 di Gedung Nusantara V Senayan Jakarta. Pengucapan sumpah tersebut dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali dan dihadiri oleh anggota DPD RI, termasuk Wakil Ketua I GKR Hemas dan Wakil Ketua II Farouk Muhammad.

Sebelumnya, pimpinan sementara DPD Maimanah Umar (anggota DPD tertua) dan Wakil Pimpinan Sementara Riri Damayanti (anggota termuda) menandatangani berita acara keputusan dan secara resmi menyerahkan palu sidang kepada pimpinan baru terpilih. Sebelum penyerahan palu sidang kepada pimpinan baru, pimpinan sementara DPD Maimanah Umar memberikan pernyataan agar Ketua DPD RI yang baru dapat mengemban tugas dengan baik dan meningkatkan kinerja DPD ke depan.

"Pimpinan DPD terpilih dapat memimpin dan meningkatkan kinerja DPD dalam mengemban tugas konstitusional, untuk memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah," ujar Maimanah.

Setelah menerima palu sidang, Ketua DPD RI terpilih Mohammad Saleh langsung memimpin sidang untuk pertama kalinya. Mohammad Saleh juga mengucapkan terima kasih kepada rekan senator yang telah memberikan kepercayaan kepada dirinya menjadi Ketua DPD RI.

"Dinamika yang terjadi menjadi akan semakin meningkatkan kerja sama kita dalam memperkuat posisi kelembagaan DPD RI dalam memperjuangan kepentingan rakyat dan daerah," tegasnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement