Selasa 04 Oct 2016 17:30 WIB

Obat Herbal untuk Tumit Pecah

Rep: Desy Susilawati/ Red: Andi Nur Aminah
Kulit pecah-pecah pada tumit. Ilustrasi
Foto: www.aad.org
Kulit pecah-pecah pada tumit. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tumit biasanya menjadi bagian yang paling sering mengalami luka. Dari kulit yang kering kemudian pecah, lecet, luka mendalam bahkan sampai kulit keras dan berdarah.

Bagian tumit yang retak ini bisa menjadi mimpi buruk bagi Anda. Karena itu sebaiknya Anda cegah sebelum terjadi. Salah satu caranya dengan pengobatan herbal buatan rumah. Pernahkah Anda mendengarnya?

Sebelum mengetahui bagaiamana pengobatan itu, ada baiknya kita mengetahui apa penyebabnya. Sekitar tiga dari lima orang menderita tumit retak, dalam beberapa derajat atau yang lain. Penyebabnya adalah berdiri selama berjam-jam, terkena paparan air, tidak memakai alas kaki yang layak, obesitas, dan lainnya.

Semua dapat menyebabkan tumit kaki pecah terbuka atau mulai mengelupas. Gejala awal yang bisa dilihat adalah rasa gatal, kulit mengelupas, kemerahan dan kadang-kadang bersisik. Semua bahan alami untuk mengobati tumit pecah yang termasuk dalam artikel ini semua tidak mengandung racun, aman untuk kulit dan menunjukkan hasil 99 persen saat ini.

Minyak sayur

Minyam sayur mengandung antioksidan yang menyembuhkan, memperbaiki tumit yang retak atau pecah. Oleskan sedikit minyak sayur pada tumit Anda. Gunakan banyak minyak sayur untuk merendam tumit Anda, dan biarkan selama semalaman. Lalu  cucilah pagi hari.

Petroleum jelly dan jus lemon

Petroleum jelly adalah pelembab dari campuran antara mineral oil, paraffin, dan hidrokarbon yang dikemas menjadi satu dalam bentuk gel berwarna putih bening. Kebanyakan orang biasanya menggunakan petroleum jelly untuk melembabkan bibir dan menghaluskan kulit pecah-pecah.

Petroleum jelly adalah obat pengurang rasa sakit alami yang bisa menyembuhkan dan memelihara kulit. Sementara jus lemon memiliki asam sitrat yang mampu memperbaiki sel kulit yang rusak.

Ambil satu sendok teh petroleum jelly dalam mangkuk. Campur petroleum jelly dan dengan beberapa tetes jus lemon. Campuran sampai semua bahan berbaur dengan baik. Gosokkan campuran itu pada daerah tumit yang retak. Biarkan dalam semalam.

Madu

Vitamin C dalam madu dapat merawat kulit dan membunuh infeksi karena bakteri. Cara penggunaannya adalah dengan mengambil satu sendok makan madu organik. Campur dalam sebuah bak mandi. Rendam kaki selama 20 menit. Kemudian gosok dengan sabut mandi yang terbuat dari tanaman sejenis mentimun. Tentunya untuk kulit yang lembut dan halus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement