Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Kosovo Siap Bikin Kejutan Lawan Kroasia dan Ukraina

Selasa 04 Oct 2016 14:27 WIB

Red: Andri Saubani

Striker Kosovo, Valon Berisha (tengah) berlari bersama rekan setimnya di Drenas, Kosovo, Senin (3/10). Pekan ini, Kosovo akan melawan Kroasia dan Ukraina pada laga kualifikasi Piala Dunia 2018.

Striker Kosovo, Valon Berisha (tengah) berlari bersama rekan setimnya di Drenas, Kosovo, Senin (3/10). Pekan ini, Kosovo akan melawan Kroasia dan Ukraina pada laga kualifikasi Piala Dunia 2018.

Foto: EPA/Valdrin Xhemaj

REPUBLIKA.CO.ID, DRENAS  Negara baru di dunia sepak bola, Kosovo berharap menjadi tim kejutan pada babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa. Kosovo menjadi anggota UEFA pada Mei dan bergabung ke FIFA tidak lama setelah itu. Kini, Kosovo tengah meretas jalan menuju Piala Dunia.

Pada bulan lalu, Kosovo secara mengejutkan berhasil menahan imbang Finlandia dengan skor 1-1. Pekan ini, mereka akan mencoba membuat kejuatan saat berjumpa Kroasia dan Ukraina dan pelatih Albert Bunjaki sudah yakin, lolos ke putaran final Piala Eropa 2020 adalah target yang realisitis.

Kosovo akan menjamu Kroasia pada Kamis (6/10) di kota Skhodra, Albania, lantaran mereka tidak memiliki stadion bersertifikat UEFA. Mereka juga akan bermain di wilayah netral tiga hari kemudian saat melawan Ukraina. Laga akan digelar di Polandia karena Ukraina tidak mengakui Kosovo sebagai negara merdeka.

“Akan menjadi laga yang berat, kata Bunjaki, kepada Associated Press, Senin (3/10). Meski mengakui Kroasia dan Ukraina memiliki tim yang tangguh, Bunjaki percaya selalu ada kejuatan dalam sepak bola. “Kami akan mendapatkan jawabannya setelah pertandingan, Kami akan mencoba mengejutkan mereka semampu kami,” kata Bunjaki.

Saat laga lawan Finlandia, enam pemain Kosovo baru mendapatkan izin dari UEFA bisa memperkuat negaranya, lima jam sebelum kick-off. Salah satu pemain saat itu adalah gelandang, Valon Berisha yang pernah memperkuat timnas Norwegia. Berisha mencetak gol lewat titik penalti pada laga lawan Finlandia.

“Akan sulit buat kami karena kami baru memulai sebagai tim nasional,” kata Berisha. Menurut Berisha, tim Kosovo diisi banyak pemain muda yang belum saling mengenal. Membutuhkan waktu untuk membentuk tim yang bisa bekerja sama dengan baik.

Bek, Leart Paqarada juga yakin Kosovo memiliki tim dengan komposisi pemain muda berbakat yang bisa mengejutkan tim manapun. “Semangat tim kami sangat baik dan kami mempersiapkan diri dengan baik,” kata Paqarada.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA