Selasa 04 Oct 2016 10:07 WIB

Mitos dan Fakta Seputar Multivitamin

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Suplemen vitamin C
Foto: pixabay
Suplemen vitamin C

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda pernah mendengar kalau vitamin C bisa menyebabkan kerusakan ginjal? Atau vitamin E bisa menyebabkan hormon pertumbuhan rambut? Benarkah?

Senior Medical Manager Darya-Varia, Dr Michael Reo mengakui memang ada isu vitamin C berlebih bisa memicu kerusakan ginjal. Ia menjelaskan vitamin C larut dalam air, maka ekskresi pengeluaran dalam tubuh dominan lewat ginjal.

Pada kadar berapa bisa sebabkan gangguan ginjal? Vitamin C di atas 2.000 mg perhari yang digunakan selama tiga sampai enam bulan yang mempunyai potensi terjadinya kristaliassi ginjal.

Menurutnya ketika suplementasi dianjurkan dalam konteks kebutuhan dan mengikuti dosis yag dianjurkan maka tidak akan ada efek sampingnya. Sayangnya kadang masyarakat hanya ingin  hasil cepat.

Selain itu, adapula isu mengenai vitamin E yang akan membangkitkan hormon pertumbuhan rambut. Menurutnya kalau memang vitamin R selama dikonsumsi dosisnya 100 sampai 300 IU per hari tidak akan menyebabkan efek samping.

"Kalau sebabkan tumbuh rambut, hampir 40 tahun wujud orang yang mengonsumsi bukan manusia lagi. Selama dikonsumsi sesuai dosis tidak masalah. Pada orang tertentu ada kelainan hormonal. Pada rata-rata penelitian faktual selama dikonsumsi sesuai dosis tidak ada efek samping," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement