Sunday, 15 Rabiul Awwal 1442 / 01 November 2020

Sunday, 15 Rabiul Awwal 1442 / 01 November 2020

Menkes: Hampir Semua Nyamuk Tularkan Kaki Gajah

Selasa 04 Oct 2016 07:16 WIB

Red: Angga Indrawan

Penyakit Kaki Gajah

Penyakit Kaki Gajah

Foto: .

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengatakan hampir semua nyamuk bisa menjadi vektor cacing Filaria, yaitu bibit penyakit kaki gajah.

"Maka kita harus berhati-hati, salah satunya dengan tidak membiarkan nyamuk berkembang," kata Nila di sela-sela peringatan Bulan Eliminasi Kaki Gajah (Belkaga) di Kuala Kurun, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Senin (3/10).

Dia mengatakan menjaga kebersihan dan memberantas sarang nyamuk adalah cara untuk tidak membiarkan nyamuk berkembang. Dengan menekan jumlah pertumbuhan nyamuk artinya potensi tertular kaki gajah juga kecil. Beberapa nyamuk vektor pembawa penyakit kaki gajah, kata dia, seperti Culex, Aedes aegypti, Anopeles dan jenis lainnya.

"Singkat kata, hampir semua jenis nyamuk dapat menularkan penyakit yang juga disebut Filariasis tersebut," ungkapnya.

Menurut dia, mencegah nyamuk berkembang tidak hanya mencegah penularan kaki gajah tetapi juga mencegah menularnya penyakit lain. Alasannya, lanjut dia, di antara nyamuk-nyamuk itu juga menularkan penyakit berbahaya seperti Demam Berdarah, Malaria, Zika, Chikungunya dan penyakit lain yang dibawa nyamuk.

Nila mengatakan Kemenkes dengan tenaga kesehatannya di berbagai fasilitas kesehatan memiliki keterbatasan. Untuk itu, masyarakat juga harus turut berperan aktif dalam mencegah penularan penyakit.

"Kita harus bergerak dari tenaga kesehatan yang belum cukup baik di Puskesmas, Posyandu dan lainnya. Masyarakat juga sebaiknya menjaga diri terutama dari kebersihannya. Kelambu dipakai, berantas sarang nyamuk dan tindakan perlu lainnya," ucapnya.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA