Thursday, 12 Syawwal 1441 / 04 June 2020

Thursday, 12 Syawwal 1441 / 04 June 2020

Pengungsi Banjir Garut Berkurang

Selasa 04 Oct 2016 06:28 WIB

Red: Angga Indrawan

PMI bangun MCK darurat untuk korban bencana banjir bandang di Garut, Jawa Barat

PMI bangun MCK darurat untuk korban bencana banjir bandang di Garut, Jawa Barat

Foto: dok: PMI

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, Iman Alirahman mengungkapkan jumlah pengungsi banjir bandang di Garut berkurang. Dalam catatan di lapangan, dari 2.525 jiwa, kini berkurang lebih dari setengahnya.

"Menjadi 1.112 jiwa," kata Iman saat rapat koordinasi penanggulangan bencana di Garut, Senin (3/10).

Ia menuturkan bencana banjir bandang akibat luapan Sungai Cimanuk, Selasa (20/9) menyebabkan pemukiman rumah penduduk terendam. Ribuan warga yang tinggal di sekitar aliran Sungai Cimanuk, kata dia, semuanya mengungsi meninggalkan kondisi rumah yang terendam dan terbawa hanyut banjir.

"Petugas saat itu langsung mememeriksa daerah yang terdampak dan melakukan pendataan warga yang mengungsi, hasilnya ada 2.525 jiwa," katanya.

Iman menyampaikan tim pendataan terus melakukan verifikasi jumlah pengungsi untuk dijadikan data persiapan penanggulangan korban banjir. Hasilnya, lanjut dia, mereka yang terdata sebelumnya hanya menyewa atau tak memiliki rumah, kemudian kembali pulang ke keluarganya.

"Banyak pengungsi yang awalnya menyewa rumah atau tak memiliki rumah, mereka saat ini ada yang sudah pulang ke keluarganya," katanya.

Ia menambahkan data faktual pengungsi korban banjir itu akan dijadikan acuan bagi pemerintah untuk mempersiapkan relokasi. Pemerintah, lanjut dia, telah menyiapkan tempat hunian sementara yang layak bagi korban banjir yakni di gedung pemerintahan, dan Asrama Musadaddiyah.

"Huntara (hunian sementara) ini diusulkan ada tempat belajar, ruang keluarga, dan kebutuhan batin, ini yang coba disiapkan," katanya.

sumber : antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA