Ahad 02 Oct 2016 06:53 WIB

Tips Ini akan Buat Kulit Berminyak Jauh dari Jerawat

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Nur Aini
Pemilik kulit berminyak tetap bisa tampil cantik dengan bantuan tips dandan yang tepat.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Pemilik kulit berminyak tetap bisa tampil cantik dengan bantuan tips dandan yang tepat.

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON -- Kulit berminyak bisa menjadi anugerah bahkan sebaliknya bagi seseorang. Mengapa demikian? Karena kulit berminyak biasanya lebih lambat dalam menghadapi proses penuaan. Namun di sisi lain, kulit berminyak mudah mengalami jerawat.

Kulit berminyak sangat dipengaruhi oleh makanan maupun cuaca. Oleh sebab itu, cara perawatannya juga sedikit sama dengan kulit lainnya. Berikut ini tips sederhana yang bisa Anda ikuti untuk merawat kulit berminyak Anda seperti dilansir laman Boldsky, Ahad (2/10).

- Pembersih

Memilih pembersih yang tepat menjadi salah satu yang perlu diperhatikan saat merawat kulit berminyak Anda. Membeli pembersih di apotek sepertinya lebih baik menjadi pilihan utama Anda. Hal ini karena pembersih di apotek biasanya lebih baik daripada pembersih bermerek. Untuk itu, cobalah membeli pembersih yang mengandung asam glikolat dan asam salisilat di tempat tersebut.

- Penyegar

Gunakan penyegar yang mengandung witch hazel. Sebab, kandungan ini dikenal dapat membantu menyusutkan ukuran pori-pori Anda. Anda juga perlu tahu, menggunakan penyegar  benar-benar penting untuk orang yang memiliki kulit berminyak.

 

- Masker

Anda perlu mencoba masker yang memiliki kandungan lumpur. Lumpur mampu membantu menyerap minyak yang berlebihan di wajah termasuk mencegah kulit berjerawat.

-Air

Minumlah setidaknya dua liter air setiap hari. Hal ini tentu saja berlaku untuk semua jenis kulit. Tapi sayangnya, tips mudah ini sering diabaikan. Padahal air bisa memabantu proses hidrasi dari dalam tubuh.

 

- Pelembab

Jangan pernah  melewatkan menggunakan pelembab Anda. Ini adalah kesalahan yang dibuat oleh hampir semua orang dengan kulit berminyak. Kurang kelembaban sebenarnya bisa menyebabkan kulit Anda berjerawat nantinya.

- SPF

Melindungi kulit Anda dari sinar UV yang berbahaya adalah harus. Penggunaan SPF juga sudah seharusnya menjadi perawatan kulit rutin untuk kulit berminyak.

- Hapus Riasan

Menghapus riasan ini berlaku untuk semua jenis kulit. Kalau tidak dilakukan, wajah kotor Anda nantinya dapat meningkatkan peluang timbulnya jerawat dan menyebabkan pori-pori tersumbat. Jadi, pastikan untuk membersihkan wajah Anda dari semua riasan sebelum Anda tidur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement