Monday, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 December 2019

Monday, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 December 2019

Mandiri Salurkan Kredit Modal Kerja Rp 1 Triliun untuk KAI

Rabu 28 Sep 2016 13:22 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nidia Zuraya

Bank Mandiri

Bank Mandiri

Foto: Darmawan/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG –- PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyiapkan kredit modal kerja (KMK) senilai Rp 1 triliun kepada PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI untuk membantu pembiayaan operasional perseroan. Kredit tersebut disalurkan dengan tenor 12 bulan.

Penandatanganan perjanjian kredit ini dilakukan oleh Direktur Keuangan KAI Didiek Hartantyo dan Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Royke Tumilaar serta disaksikan Dirut KAI Edi Sukmoro di Bandung, Jawa Barat, Rabu (28/9).

Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Royke Tumilaar mengatakan, dukungan pembiayaan tersebut merupakan bagian dari sinergi strategis BUMN dalam membangun Indonesia yang mandiri dan sejahtera.

“Kami berharap kerjasama ini dapat mendukung KAI dalam memenuhi mandat pemerintah dalam penguatan konektivitas wilayah melalui jalur kereta api, serta dalam penyediaan layanan terbaik kepada masyarakat pengguna kereta api,” ujar Royke.

Royke mengatakan, komitmen Bank Mandiri dalam mendukung KAI juga telah direalisasikan sebelumnya melalui keterlibatan perseroan dalam sindikasi perbankan pada 2015 untuk pembiayaan proyek pengembangan kereta commuter Jabodetabek dan kereta Bandara Soekarno-Hatta. Dalam sindikasi tersebut, Bank Mandiri berkontribusi sebesar Rp 1, 276 triliun.

“Transportasi massal yang berkualitas dan dapat diandalkan merupakan salah satu komponen utama dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” kata Royke.

Terkait pembiayaan ke sektor transportasi, lanjut Royke, hingga saat ini perseroan telah memberikan komitmen pembiayaan sebesar Rp 36,4 triliun. Di samping kereta api, pembiayaan tersebut juga dialokasikan untuk pembangunan bandar udara dan pelabuhan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA