Friday, 4 Rajab 1441 / 28 February 2020

Friday, 4 Rajab 1441 / 28 February 2020

Lima Hal Ini Bakal Jadi Pusat Perhatian dalam Debat Capres AS

Selasa 27 Sep 2016 01:45 WIB

Rep: Kabul Astuti/ Red: Nidia Zuraya

Calon presiden AS Hillary Clinton dan Donald Trump.

Calon presiden AS Hillary Clinton dan Donald Trump.

Foto: Reuters/Lucy Nicholson/File Photo

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Kandidat calon presiden (capres) Amerika Serikat (AS), Hillary Clinton dan Donald Trump, akan bertemu dalam debat presiden putaran pertama di Universitas Hofstra, Hempstead New York, pada Senin (26/9) malam atau Selasa (27/9) pagi WIB. Banyak pihak memprediksi debat capres kali ini akan berjalan sengit dan dramatis.

Dilansir dari Washington Post, Senin (26/9), berikut ini lima hal yang bakal menjadi pusat perhatian publik AS dalam debat capres kali ini.

1. Serangan Trump

Selama sebulan terakhir, Donald Trump telah mengoleksi tumpukan informasi tentang kontroversi masa lalu lawan politiknya. Selama periode itu, Trump kebanyakan menyerang ketidakmampuan Clinton memperbaiki sistem politik dan ekonomi di AS. Tapi, seperti biasa, dia juga menyelidiki masa lalu Hillary Clinton. Sejauh mana Trump memanfaatkan informasi-informasi yang dia kumpulkan dari penyidik David Bossie ini akan tampak dalam debat publik pada Senin (26/9) malam.

2. Perangai/Tabiat Para Capres

Perangai atau tabiat bawaan Trump yang meledak-ledak tak dipungkiri akan menyita perhatian selama debat capres. Publik dapat mengevaluasi apakah ia tampak cocok menjadi orang nomor satu di AS. Bagaimana Trump menyikapi aturan-aturan selama debat, serta menanggapi provokasi Clinton akan membentuk konsensus penampilannya. Sebaliknya, Clinton terkenal sebagai aktor politik yang secara temperamental lebih berpengalaman dan terukur.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA