Senin 26 Sep 2016 17:00 WIB

New York, London, Fashion!

Red:

Di balik kemilau ajang pergelaran busana dalam pekan mode dunia, selalu saja ada cerita menarik yang terselip. Misalnya saja, Pekan Mode New York tahun ini yang dipenuhi banyak hal menakjubkan. Dimulai dengan Kanye West yang menghadirkan koleksi debutnya, Yeezy Season 4, dengan sejumlah model kulit hitam.

Sebut saja Chanel Iman dan bintang video "Fade", Teyana Teylor, yang menjadi sorotan saat berjalan di panggung pergelaran dengan membawakan koleksi West. Namun, para model lain dipaksa berdiri berjam-jam di Franklin D Roosevelt Four Freedoms Park, Roosevelt Island.

Menurut Rolling Stone, beberapa model akhirnya tak sanggup bertahan, sementara yang lain meringkuk atau duduk di atas rumput yang sebelumnya menjadi lokasi mereka berdiri dalam formasi jaringan. Ada juga yang harus berjuang berjalan di sepanjang runway. Ketika itulah model Amina Blue menendang sepatu hak tingginya dan penonton datang membantu yang lain.

Hal lain yang menarik dari pergelaran koleksi West adalah hadirnya Iman. Ini merupakan penampilan publik perdananya sejak kematian suaminya, David Bowie.

Kehadiran koleksi West juga dibayangi oleh kembalinya Tom Ford ke New York setelah enam tahun. Nah, yang menarik adalah Ford membuat gebrakan. Seluruh koleksi musim gugur 2016 rancangan Ford, tersedia untuk pembelian online selama pertunjukan. Siapa pun yang suka koleksi Ford dapat membelinya saat itu juga.

Namun, Ford bukan satu-satunya desainer yang memberikan akses langsung bagi konsumen kepada koleksinya. Serena Williams yang datang dengan koleksi musim gugurnya, Serena Williams Signature Statement juga menyajikan 42 koleksinya di HSN.com.

Tampaknya, keputusan dua desainer ini untuk menjual langsung produknya setelah pergelaran busana bakal menjadi tren yang bakal diusung banyak desainer lain. Bahkan, itu juga yang terjadi dalam pergelaran busana Pekan Mode London (lihat boks).

Sementara itu, gebrakan yang tidak kalah menarik juga dilakukan desainer jebolan Project Runway, Christian Siriano. Ia hadir dengan koleksi yang dibawakan model berukuran lima plus.  Hadir pula model berukuran 'besar' Georgia Pratt dan Precious Lee. Mereka menampilkan karya Siriano yang terinspirasi desain kapri.

Menutup pekan peragaan busana adalah desainer Ralph Lauren dan Marc Jacobs. Ralph menghentikan lalu lintas pada hari kedua di ajang Pekan Mode New York tersebut. Ia mengubah trotoar di blok Madison Avenue sehingga model bisa menjadikannya sebagai panggung pergelaran busana. Setelahnya, lagi-lagi pelanggan bisa membeli koleksinya di toko di Upper East Side.

Tak mau kalah, Jacobs menghadirkan koleksinya dengan melibatkan supermodel, seperti Kendall Jenner, Bella dan Gigi Hadid, Karlie Kloss, Adriana Lima, Irina Shayk, dan Jourdan Dunn. Mereka mengenakan rambut palsu deadlock multiwarna untuk kampanye Jacob's 2016 Spring/Summer. Panggung pergelaran busana memang selalu dinamis dan tidak pernah membosankan.    rep: Gita Amanda, ed: Endah Hapsari

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement