Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Lari

Agus Prayogo Persembahkan Emas Lari 5.000 Meter untuk Jabar

Jumat 23 Sep 2016 10:06 WIB

Red: Israr Itah

Pelari Jabar Agus Prayogo (Antara/Wahyu Putro)

Pelari Jabar Agus Prayogo (Antara/Wahyu Putro)

REPUBLIKA.CO.ID,  BOGOR -- Pelari nasional asal Jawa Barat (Jabar) Agus Prayogo berhasil menyabet medali emas dari nomor spesialisasinya5.000 meter pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016.

Pada perlombaan di Stadion Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat (23/9), Agus Prayogo berhasil memasuki garis finis yang pertama dengan catatan waktu 14 menit 54.03 detik, namun gagal memecahkan rekor nasional atas namanya sendiri 14 menit 20,29 detik.

Medali perak nomor ini direbut pelari DI Yogyakarta Nurshodiq dengan catatan waktu 14:59,59, sedangkan medali perunggu direbut Wahyudi Putra dari Sumatera Barat dengan catatan waktu 15:13.82.

Begitu bendera start dikibaskan, Agus Prayogo terlihat masih tercecer di barisan tengah sedangkan urutan terdepan ditempati pelari Sumatra Utara Udin Akbar. Di belakangnya ada Welman D Pasaribu kemudian ada Jauhari Johan (Sumsel).

Tetapi pada 1.000 meter pertama, Agus Prayogo mulai mempercepat larinya dan langsung memimpin di posisi teratas hingga perlombaan selesai. Bahkan tiga putaran menjelang finis Agus Prayogo terlihat jauh meninggalkan Nurshodiq dan Wahyudi Putra. Sedangkan pelari Sumsel Jauhari Johan terlihat bersaing ketat dengan Wahyudi Putra pada urutan ketiga.

Akhirnya Agus Prayogo yang tercatat sebagai prajurit TNI AD Kodam III/Siliwangi tersebut berhasil masuk garis finis yang pertama diikuti Nurshodiq dan Wahyudi Putra."Saya memang ditarget meraih emas pada nomor ini," kata pelari kelahiran Kota Magelang, Jateng, tersebut.

Dia mengungkapkan tidak tampil emosional pada perlombaan ini sehingga tercecer di tengah pada awal lomba. Biasanya, kata dia, pelari emosi untuk segera menempati posisi terdepan padahal jarak tempuhnya jauh.

"Makanya saya bersikap santai pada awal lomba dan setelah itu saya menggenjot untuk segera menempati posisi teratas," katanya.

Menyinggung soal catatan waktu yang ditempuh pada lomba ini, dia mengatakan, tidak ada masalah yang penting masih berada pada kisaran 14 menit.

Agus Prayogo masih akan turun pada dua nomor lagi di PON 2016 ini yaitu lari 10 ribu meter dan maraton (42,195 kilometer). Pada PON XVIII/2012 Riau, Agus Prayogo berhasil meraih dua medali emas dan satu medali perak.

Pada saat itu, Agus Prayogo yang masih membela bendera Jateng meraih dua medali emas dari nomor lari 5.000 meter dan 10 ribu meter, sedangkan medali perak dari nomor latri 1.500 meter.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA