Kamis 22 Sep 2016 09:05 WIB

Komunitas Tabrak Warna Luncurkan Buku "Indonesia Mewarnai"

Komunitas Tabrak Warna meluncurkan buku
Foto: dok: Komunitas Tabrak Warna
Komunitas Tabrak Warna meluncurkan buku "Indonesia Mewarnai: Collaborative Colouring Book"

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komunitas Tabrak Warna bekerja sama dengan Renebook meluncurkan buku "Indonesia Mewarnai: Collaborative Coloring Book". Buku ini diharapkan dapat semakin membuat kegiatan mewarnai di Indonesia semakin marak.

Founder Komunitas Tabrak Warna, Tria N menjelaskan, dalam peluncuran buku ini pihaknya juga turut menyukseskan tagline pariwisata "Wonderful Indonesia".

"Karena ilustrasinya akan membuat kita kangen dan bangga dengan keberagaman dan keunikan Indonesia," ujar Tria dalam Soft Launching buku Indonesia Mewarnai, di Markas Komunitas Tabrak Warna, Kawasan Wisata Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Adapun ilustrasi yang dihadirkan juga sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Seperti camilan dan kuliner khas seperti satai, kerupuk, mi instan, ketupat dan lain-lain.

"Ini sederhana dan unik, tapi bikin kita kangen Indonesia terutama kalau kita sedang di luar negeri," kata dia.

Indonesia Mewarnai merupakan hasil kolaborasi 17 ilustrator dan anggota aktif Tabrak Warna dari berbagai daerah di Indonesia. Buku terbitan Penerbit Renebook, Jakarta ini berisi 46 gambar yang merefleksikan kekayaan, keragaman, keunikan, dan kemajemukan Indonesia.

Uniknya, ke-17 ilustrator buku ini tidak pernah bertemu secara langsung. Mereka hanya berkomunikasi dan saling bertukar pikiran di grup komunitas. Hal itu karena anggota Tabrak Warna memang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

“Di komunitas itulah digagas ide untuk membuat satu buku hasil karya anggota komunitas sendiri, dan secara khusus didedikasikan untuk Indonesia,” jelas Tria.

“Kami tertarik menerbitkan buku ini karena unik dan berbeda, dan kami melihat adanya spirit keindonesiaan yang kuat dalam buku ini," tambah Luqman Hakim Arifin, CEO Renebook.

Ilustrasi lain dalam buku ini di antaranya tari-tarian daerah, rumah adat Joglo, Keris, Tugu Monas, Wayang, Barongsai, Komodo, Burung Cenderawasih, Kerupuk, Bunga Raflesia, Pasar Malam, Bambu Runcing, Monas, GWK, Reog, dan Kemacetan.

Tria menambahkan, buku ini diharapkan dapat ikut mengkampanyekan tagline “Wonderful Indonesia” guna mendukung pariwisata Nasional. Terlebih karena hampir semua objek wisata ikonik Indonesia, seperti Monas, GWK, Borobudur, dan lain-lain tergambar dengan cantik di buku ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement