Senin 19 Sep 2016 18:43 WIB

Keluarga Schumacher Gugat Majalah Bunte

Michael Schumacher
Foto: Reuters/Ralph Orlowski
Michael Schumacher

REPUBLIKA.CO.ID, LAKE GENEVA – Keluarga pembalap, Michael Schumacher mengajukan gugatan terhadap majalah terbitan Jerman, Bunte. Pada akhir tahun lalu, Bunte memberitakan bahwa juara dunia tujuh kali F1 itu sudah dapat berjalan kembali. Schumacher kini masih dalam perawatan di kediamannya di Lake Geneva, menyusul kecelakaan ski pada Desember 2013 yang sempat membuatnya koma.

“Dia (Schumacher) tidak bisa berjalan,” kata pengacara keluarga, Feliz Damm, seperti dilansir F1 Today, Senin (19/9). Damm juga menyatakan, Schumacher hingga kini belum bisa berdiri, bahkan dengan bantuan terapis.

Damm menerangkan, alasan keluarga menggugat laporan Bunte adalah bahwa klaim Schumacher sudah dapat berjalan, ‘tidak bertanggung jawab’. Ia menegaskan, privasi Schumacher saat ini sangat dijaga oleh keluarganya. “Kita tidak boleh dipaksa mempercayai oleh sebuah laporan soal kondisi Schumacher,” kata Damm, menegaskan.

Dalam sebuah laporan yang dimuat oleh Bunte, pada Desember 2015, majalah itu mengklaim, Schumacher dalam kondisi kurus namun dapat sekali berjalan lewat bantuan terapis. Schumacher, seperti klaim Bunte, juga dapat membuat beberapa langkah dan bisa mengangkat tangannya. Laporan ini segera dibantah agen Schumacher, Sabine Kehm, sebagai cerita yang ‘tidak bertanggung jawab’.

Keluarga Schumacher pun kini membawa Bunte berperkara di pengadilan. Mereka menilai laporan majalah itu telah melanggar undang-undang privasi yang berlaku di Jerman. Namun, Bunte balik menyanggah bahwa sumber mereka adalah seorang yang kredibel dan sudah pernah berbagi informasi tentang kondisi Schumacher sebelumnya.

Putusan atas perkara ini diperkirakan jatuh pada Oktober 2016. Jika menang berperkara, keluarga Schumacher akan mendapatkan minimal 40 ribu euro sebagai kompensasi atas kerugian akibat pemberitaan Bunte.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement