Senin 19 Sep 2016 17:16 WIB

Statistik Jumlah Penonton GP Singapura Menurun

Pebalap Mercedes Nico Rosberg merayakan kemenangannya di ajang F1 Singapura
Foto: Jeremy Lee/Reuters
Pebalap Mercedes Nico Rosberg merayakan kemenangannya di ajang F1 Singapura

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA – Rata-rata jumlah penonton langsung balapan Formula One (F1) di GP Singapura terus menurun setiap tahunnya. Satu-satunya balapan malam hari dalam kalender F1 itu ikut terdampak oleh perlambatan ekonomi lokal dan global. 

Menurut promotor GP Singapura, Senin (19/9), pada tahun ini, balapan yang dimenangkan oleh Nico Rosberg itu mencatat rata-rata jumlah penonton harian sekitar 73 ribu orang. Jumlah itu turun dari tahun sebelumnya yang mencapai 87 ribu penonton datang ke venue setiap harinya. Adapun, saat GP Singapura pertama kali digelar pada 2008, jumlah penonton hariannya mencapai 100 ribu orang.

“Penjualan tiket tahun ini menurun sejumlah 15 persen dibandingkan dengan rata-rata penjualan setiap tahunnya,” demikian keterangan promotor balapan, dikutip Reuters. Wabah virus Zika juga diyakini ikut berdampak pada balapan tahun ini.

Bagi bisnis pariwisata Singapura, balapan seri Singapura memang tidak memberikan pemasukan yang terlalu signifikan. Faktanya, seperti data yang dirilis oleh Dewan Pariwisata Singapura, penerimaan dari sektor pariwisata pada kuartal pertama 2016 tumbuh dua persen pada angka 4 miliar dolar AS. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement