Ahad 18 Sep 2016 15:47 WIB

Jabar dan Jatim Raih Satu Medali Emas Karate

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Andri Saubani
Ilustrasi cabang olahraga Karate.
Foto: Republika/Edi Yusuf
Ilustrasi cabang olahraga Karate.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Tim karate Putra Jawa Barat (Jabar) dan Putri Jawa Timur (Jatim) berhasil meraih medali emas dari nomor kata perorangan pada cabang olahraga Karate di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 yang digelar di Sabuga ITB, Tamansari, Kota Bandung, Ahad (18/9).

Jabar selaku tuan rumah berhasil menyabet medali emas yang disumbangkan Rahmad Darmawan dari nomor kata perorangan putra setelah memastikan kemenangan melawan karateka Jambi, Erlando Stevano dengan skor 4-1. Sementara medali perunggu diraih oleh atlet Ahmad Zigi Zaresta (NTB), dan Faizal Zainuddin (Sulawesi Selatan).

Atas kemenangan tersebut, atlet karate asal Kota Depok ini merasa senang bisa mempersembahkan medali emas bagi daerah asalnya. "Tentu kemenangan ini sangat berarti bagi saya, berkat usaha keras dan dukungan dari orang-orang disekitar yang terus membantu saya berkembang,” kata Rahmad, seusai pengalungan medali, Ahad (18/9).

Pria yang telah menekuni olahraga bela diri karate sejak duduk di bangku sekolah dasar itu menambahkan, persiapan untuk berlaga di PON XIX sudah jauh-jauh hari dilakukan. Kurang lebih selama dua tahun dirinya telah berlatih secara fisik serta mental sebelum berlaga di PON XIX.

Di sisi lain, dari kelompok putri medali emas berhasil dipersembahkan karateka asal Jatim, Sisilia Agustiana Ora. Wanita yang kerap disapa Sisil ini mampu mengalahkan tuan rumah Jabar, Yulianti Syafrudin dengan skor 4-1. Sedangkan medali perunggu jatuh ke tangan atlet DKI Ade Ayu Asdhaniati dan Magfirah Syamsul Alam asal Sulawesi Selatan.

Seusai pertandingan, Agustina merasa puas yang teramat besar karena bisa mengalahkan atlet tuan rumah. “Dari awal pertandingan hingga laga final melawan tuan rumah (Yulianti) saya merasa tidak terbebani, hal ini menjadi kunci bagi kemenangan saya," urainya.

Dengan demikian, dua medali emas di hari pertama pertandingan cabang olahraga karate dibagi rata antara Jabar dan Jatim. Cabang olahraga karate sendiri akan memperebutkan 17 medali emas hingga 21 September 2016.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement