Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Zulkifli Dorong Kewirausahaan di Tanah Datar

Ahad 18 Sep 2016 13:03 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Agus Yulianto

Kambing-kambing ini hanya mencari semak-semak untuk dimakan.

Kambing-kambing ini hanya mencari semak-semak untuk dimakan.

Foto: abc

REPUBLIKA.CO.ID, TANAH DATAR --Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengunjungi kawasan peternakan kambing di Tanah Tinggi, Sumatera Barat. Zulkifli terkesan saat melihat ada banyak kambing yang dilepas bebas di pusat peternakan tersebut.

Oleh karenanya, Zulkifli berharap jiwa kewirausahaan di Ranah Minang dapat terus dikembangkan. Sebab, Sumatera Barat tepatnya di Tanah Datar memiliki banyak potensi yang bisa dioptimalkan.

"Kambingnya besar-besar ya. Pada sehat," ujar Zulkifli yang didampingi Ketua Fraksi PAN DPR RI Mulfachri Harahap dan Anggota DPR RI FPAN Asli Chaidir begitu tiba di Kawasan Agro Wisata Boncah Raya, Boncah Nagari Barulak, Kabupaten Tanah Datar, Sabtu (17/9/2016).

Di peternakan swadaya ini, terdapat 11 kambing jantan dan 103 kambing betina. Untuk menjaga kebersihan hewan ternak, mereka dimandikan dua hari sekali.

Ia juga sempat mendatangi kandang peternakan kambing. Kambing-kambing di sini menjadi penghasil daging dan susu yang cukup besar bagi Tanah Tinggi. "Kambing tadi yang diperah susunya bisa 5 liter. Satu kambing bisa menghasilkan Rp 200 ribu. Itu baru satu. Potensi. Belum lagi kalau mau menanam pepaya, terung atau pelihara ikan. Banyak yang bisa dikerjakan tinggal bupati membimbing," ujarnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler