DPR Ingin Beasiswa PPA Kemenristek Dikti Ditingkatkan

Jumat , 16 Sep 2016, 19:12 WIB
Anggota Komisi X DPR RI, Noor Achmad.
Foto: dpr
Anggota Komisi X DPR RI, Noor Achmad.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Anggota Komisi X DPR RI, Noor Achmad berharap Kementerian riset teknologi dan pendidikan tinggi dapat memperbanyak beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) untuk mahasiswa-mahasiswa berprestasi. Hal tersebut diungkapkannya menyusul masukan dari wakil rektor Universitas Sumatera Utara (USU) dan beberapa perguruan tinggi negeri lainnya di Sumatera Utara, Jumat (16/9).

"Tadi ada keluhan sekaligus masukan dari USU dimana pihaknya mendapat kuota beasiswa PPA yang masih sangat minim, mengingat di USU banyak memiliki mahasiswa berprestasi yang indikatornya sudah jelas yakni berdasarkan prestasi akademik (IPK-red)," ujar Noor.

 

Dia mengatakan beasiswa PPA sangat penting untuk meningkatkan kualitas kompetisi ke depan. Beasiswa PPA diisi oleh orang-orang berprestasi sehingga bangsa Indonesia akan siap dalam menghadapi persaingan global mendatang.

"Artinya mereka yang mendapatkan beasiswa merupakan orang-orang yang benar-benar berprestasi. Dengan begitu ke depan kompetisi akan diisi oleh orang-orang yang berprestasi juga. Hal ini sangat baik bagi bangsa ini dalam menghadapi persaingan global," kata dia.

Pada kesempatan itu wakil rektor I USU, Rosmawati dan wakil rektor II USU, Muhamad Fidel Ganis Siregar menyampaikan tahun 2016 jumlah penerima beasiswa PPA di USU berjumlah 1000 orang. Sementara jumlah keseluruhan mahasiwa USU 49.091 mahasiswa. Sejatinya jumlah penerima beasiswa PPA di USU bisa bertambah mengingat jumlah mahasiswa berprestasi di kampus tersebut pun cukup banyak.