Jumat 16 Sep 2016 16:05 WIB

Pertandingan Tinju PON XIX Jabar Dimulai pada 19 September

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Andri Saubani
Petugas mempersiapkan ring tinju di Gor Palabuhanratu yang berada di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (2/9). (Republika/Raisan Al Farisi)
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Petugas mempersiapkan ring tinju di Gor Palabuhanratu yang berada di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (2/9). (Republika/Raisan Al Farisi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI—Ratusan atlet cabang olahraga tinju akan bertanding dalam ajang pekan olahraga nasional (PON) XIX 2016 Jawa Barat. Mereka akan memulai pertandingan pada 19 September mendatang. Pelaksanaan pertandingan akan dilakukan di venue tinju yang ada di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. 

“Sesuai jadwal babak penyisihan dimulai pada Senin, 19 September,” ujar Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sukabumi Akhmad Riyadi kepada wartawan Jumat (16/9). Sementara babak final akan dilangsungkan pada 27 September.

Pelaksanaan pertandingan akan dilakukan mulai pukul 15.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Riyadi menerangkan, jumlah atlet tinju yang bertanding sebanyak 176 orang yang berasal dari 32 provinsi. Rinciannya, sebanyak 109 atlet putra dan 67 atlet putri. 

Data dari Pengurus Pusat Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) menyebutkan, jumlah kontingen terbanyak berasal dari tuan rumah Jabar yakni sebanyak 16 orang atlet. Sementara, kontingen terbanyak lainnya antara lain Maluku 12 atlet, Sumatra Utara 11 atlet, Papua 11 atlet, Kalimantan Timur 10, DKI Jakarta 9, dan Nusa Tenggara Timur (NTT) 9 atlet.

Para atlet tersebut kini sudah berdatangan ke Palabuhanratu untuk bersiap menghadapi pertandingan. Salah satunya dari Aceh yang memberangkatkan sebanyak lima orang atlet tinju dalam PON XIX 2016. “Atlet kami siap mempersembahkan yang terbaik dalam PON Jabar,” terang Kepala Pelatih Tinju Kontingen Aceh, Rahman Boga, di sela-sela pengamatan venue tinju di Palabuhanratu. 

Dalam ajang PON kali ini, Aceh menerjunkan lima petinju yakni dua putri dan tiga atlet putra. Menurut Rahman, kontingen Aceh berharap atletnya bisa masuk babak final. Pasalnya, pada penyelenggaraan PON sebelumnya atlet Acah atas nama Abdan Batila mendapatkan medali perak pada kelas 64 kilogram.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement