Thursday, 16 Sya'ban 1441 / 09 April 2020

Thursday, 16 Sya'ban 1441 / 09 April 2020

Ini Target BAZNAS di Akhir Tahun

Rabu 14 Sep 2016 17:31 WIB

Rep: Rizki Suryarandika/ Red: Agung Sasongko

Baznas

Baznas

 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Amil Zakat Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Arifin Purwakananta menargetkan lembaganya mampu mengumpulkan zakat dari semua lembaga negara pada akhir tahun ini.

Arifin menampik jika realisasi Inpres nomor 3 tahun 2014 yang mewajibkan sentralisasi pengumpulan zakat lembaga negara lewat BAZNAS berjalan lambat. Menurutnya, memang dibutuhkan waktu yang cukup panjang untuk pembuatan nota kesepahaman (MOU) dengan semua lembaga negara. 

"Jumlah SDM kami memang terbatas untuk bisa melangsungkan ini berbarengan. Jumlah kita tidak bisa buat semua ini jalan bersamaan, jadi kita dahulukan lembaga-lembaga besar dan strategis, selanjutnya kita ke lembaga lain," katanya kepada Republika.

Meski salah satu penyebab lambatnya realisasi Inpres tersebut adalah kekurangan SDM, Arifin tak ingin BAZNAS menambah jumlah SDM. Pasalnya, jika terjadi penambahan SDM, maka sifatnya pun hanya sementara hingga terbentuk MOU dengan lembaga negara saja. 

"Saya kira kalau SDM tambah kan kerjasamanya cuma sekali, nantinya sudah tidak diperlukan setelah MOU jadi kalau tambah SDM takutnya percuma. Mudah-mudahan akhir tahun ini semua lembaga sudah tersosialisasi sehingga Inpres itu bisa dilaksanakan, target kita tiga bulan ke depan sudah semua," ujarnya.

Diketahui, berdasarkan Inpres nomor 3 tahun 2014 tentang optimalisasi pengumpulan zakat di kementerian-lembaga BUMN dan BUMD, BAZNAS adalah satu-satunya lembaga negara yang berhak menerima dan mengelola zakat dari lembaga negara. Rizky Suryarandika

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA