Selasa 13 Sep 2016 09:07 WIB

15 Makanan Ini tak Perlu Dibeli Organik

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Andi Nur Aminah
Buah mangga.
Foto: blogspot
Buah mangga.

REPUBLIKA.CO.ID, Makanan organik memang sehat, namun sering dicap mahal oleh konsumen. Paparan jangka panjang pestisida dan sejenisnya memang dikaitkan dengan risiko kanker sehingga konsumen berbondong-bondong membeli pangan organik.

Faktanya Anda tak perlu membeli segala sesuatu berlabel organik. Sederet daftar buah dan sayur berikut bisa dikatakan sulit terpapar residu pestisida. Kalau pun ada maka jumlahnya sangat kecil, sehingga Anda bisa membelinya cukup di warung kelontong saja.

The Environmental Working Group AS dalam laporannya merilis 15 buah dan sayur tersebut, dilansir dari Eating Well Selasa (13/9). Buah dan sayuran itu adalah bawang, alpukat, jagung manis, nanas, mangga, kacang, asparagus, kiwi, kubis, terong, blewah, semangka, jeruk, ubi, dan melon.

Organisasi ini juga mengidentifikasi setidaknya 12 buah dan sayuran yang berpotensi terpapar pestisida dalam jumlah banyak. Mereka adalah seledri, persik, stroberi, apel, bluberi, nektarin, bayam, paprika, kale, ceri, kentang, dan anggur.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan dalam membeli pangan organik, yaitu tanggung jawab terhadap lingkungan. Membeli pangan organik tentu saja lebih sehat bagi lingkungan karena menerapkan praktik pertanian berkelanjutan. Pertanian organik juga membantu mengurangi bahan kimia yang larut ke dalam tanah dan air.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement