Sunday, 15 Syawwal 1441 / 07 June 2020

Sunday, 15 Syawwal 1441 / 07 June 2020

Masjid di Bali akan Bagikan Daging untuk Warga Nonmuslim

Ahad 11 Sep 2016 20:12 WIB

Rep: Ahmad Baraas/ Red: Nur Aini

Daging kambing

Daging kambing

Foto: fleisher

REPUBLIKA.CO.ID,DENPASAR -- Suasana Lebaran haji begitu terasa di Masjid Al Ikhlas, Monang Maning Depasar, Barat. Sejak magrib, Ahad (11/9), suara takbir menggema, dikumandangkan oleh orang tua maupun anak-anak. Selain diramaikan dengan suara takbiran, masjid Al Ikhlas juga sibuk menyiapkan tempat untuk kegiatan penyembelihan hewan kurban sehabis solat Iedul Adha, Senin (12/9).

Menurut takmir masjid setempat, M Hamim, ada lima ekor sapi yang akan disembelih dan kambing sebanyak 12 ekor. "Daging kurban akan kami bagikan untuk kaum duafa di sekitar masjid, selain kelompok-kelompok masyarakan yang mengajukan proposal permohonan daging kurban," kata Hamim.

Ia mengungkapkan, karena lokasi masjid berada di lingkungan masyarakat yang heterogen, takmir masjidjuga menyiapkan daging kurban untuk masyarakat nonmuslim. Daging yang dibagikan adalah daging dari hewan yang diniatkan untuk aqiqoh dan kambing yang diniatkan untuk sodaqoh. "Ini wujud toleransi kami dengan sesama, terutama dengan masyarakat sekitar masjid. Kebersamaan ini sudah terbangun sejak lama," katanya.

Kegiatan penyembelihan hewan kurban di Masjid Al Ikhlas Denpasar, akan dilangsungkan di halaman masjid setempat seusai pelaksanaan solat Idul Adha. Hamim memperkirakan jumlah hewan kurban akan bertambah lagi sampai menjelang pelaksanaan penyembelihan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA