Jumat 09 Sep 2016 09:20 WIB

5 Jenis Ikan Menyehatkan yang Perlu Dimakan

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Andi Nur Aminah
Ikan Salmon
Foto: Republika
Ikan Salmon

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar kesehatan banyak menyarankan makan ikan setidaknya dua kali sepekan. Ikan merupakan sumber makanan yang bisa membuat tubuh tampak lebih ramping, sumber protein, dan lemak sehat.

Seafood Watch, program yang dijalankan Monterey Bay Aquarium, Amerika Serikat mengeluarkan daftar makanan laut yang baik bagi Anda, terutama lima jenis ikan berikut, dilansir dari Eating Well, Jumat (9/9).

Atlantic Mackerel

Ikan ini merupakan jenis yang perkembangbiakannya cepat. Artinya, populasinya tinggi, mudah ditemukan dan tidak merusak habitat. Ikan ini tinggi omega-3 yang menyehatkan jantung, serta sumber protein yang memberi 20 gram nutrisi setiap tiga ons filletnya.

Salmon air tawar

Salmon air tawar ini mendapat rating Super Green. Seluruh jenis ikan salmon pada dasarnya merupaan sumber omega-3 yang menyehatkan per tiga ons porsinya.

Sarden

Ikan kecil yang berkembang biak di perairan Pasifik ini banyak diolah menjadi makanan super. Sarden memberikan 1.950 miligram omega-3 per tiga onsnya. Sarden liar merupakan sumber tambahan vitamin D.

Salmon Alaska

Salmon Alaska memberikan 1.210 mg omega-3 per tiga onsnya. Produksinya berkelanjutan, sama dengan jenis salmon lainnya.

Salmon kaleng

Banyak salmon yang diolah dan dikemas menjadi produk kalengan. Selain sumber omega-3 yang sehat, salmon kalengan ini merupakan sumber kalsium non-dairy sebanyak 170 mg per tiga onsnya. Salmon kaleng yang berasal dari Alaska sangat rendah kontaminan, termasuk bebas merkuri dan timbal sebab berasal dari sistem perikanan yang dikelola dengan baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement