Sunday, 15 Rabiul Awwal 1442 / 01 November 2020

Sunday, 15 Rabiul Awwal 1442 / 01 November 2020

Ini Dia Motif Batik yang Jakarta Banget

Kamis 08 Sep 2016 06:50 WIB

Rep: Sri Handayani/ Red: Indira Rezkisari

Batik dengan motif khas Betawi.

Batik dengan motif khas Betawi.

Foto: Republika/Sri Handayani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi DKI Jakarta turut meramaikan ajang fashion Folk'nVogue 2016 yang digelar 7-11 September di JCC Senayan, Jakarta. Organisasi ini menampilkan berbagai motif batik karya Riana Kusuma dan Rumah Betawi yang dijamin Jakarta banget.

Berdasarkan pantauan, batik yang ditampilkan di stan Dekranasda DKI Jakarta menggunakan motif-motif flora dan fauna Jakarta. Ada empat jenis fauna yang biasa dipakai dalam rancangan Riana Kusuma, antara lain burung kipasan bendol, kupu-kupu, elang, dan bulus.

Motif bunga lebih kaya akan varian. Sembilan jenis bunga yang familiar dalam batik khas Jakarta antara lain tapak dara, melati gambir, bungur, kembang teleng, sirih kuning, nona makan sirih, dan sebagainya.

Motif lain yang juga terlihat dalam pameran tersebut, antara lain motif abang none dan motif ondel-ondel. Kain batik bermotif abang none dihargai senilai Rp 120 ribu hingga Rp 900 ribu. Motif ondel-ondel dipakai dalam kipas cendana dan dibanderol seharga Rp 900 ribu.

Kain batik Riana Kusuma dapat dibeli dengan merogoh kocek rata-rata Rp 375 ribu, sementara kain dan kebaya Rumah Betawi kurang lebih Rp 850 ribu. Ada pula koleksi bros dan peniti yang berkisar antara Rp 15 hingga Rp 2 juta.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA