Senin 05 Sep 2016 08:46 WIB

Membilas 'Miss V' Dapat Meningkatkan Risiko Kanker Ovarium

Rep: Gita Amanda/ Red: Andi Nur Aminah
Pita hijau, perlambang kanker ovarium.
Foto: supportstore
Pita hijau, perlambang kanker ovarium.

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak wanita kerap menggunakan berbagai cara membersihkan miss v atau vagina mereka agar terbebas dari bau yang tak diinginkan. Namun membersihkan vagina terlalu sering ternyata dapat berefek negatif, dan memiliki potensi sangat serius pada kesehatan.

Dilansir Independent, studi terbaru menemukan terlalu sering membilas vagina ternyata meningkatkan risiko tertular Human Papillomavirus (HPV). Para peneliti di University of Texas mempelajari hubungan antara membilas vagina dan HPV pada 1.271 perempuan berusia 20 hingga 49 tahun, yang berpartisipasi dalam survei nasional pada 2004.

Achs melaporkan, berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Infectious Diseases ditemukan membilas vagina meningkatkan kemungkinan seorang wanita terinfeksi lebih banyak virus sebesar 26 persen. Lebih mengkhawatirkan lagi membilas vagina dengan semprotan air, ternyata meningkatkan risiko infeksi dengan sejumlah virus HPV yang menyebabkan kanker meningkat 40 persen.

Menurut survei National Institute of Environmental Health Sciences AS, membilas vagina juga meningkatkan risiko wanita terkena kanker ovarium meningkat dua kali lipat. Sebab membilas terlalu sering atau menggunakan semprotan air bisa mengganggu bakteri normal di vagina dan membuatnya rentan infeksi dan radang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement