Thursday, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 January 2020

Thursday, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 January 2020

6.500 Migran Diselamatkan dari Perairan Libya

Selasa 30 Aug 2016 15:21 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Teguh Firmansyah

imigran Libya ke Italia

imigran Libya ke Italia

REPUBLIKA.CO.ID, SABRATHA -- Sekitar 6.500 migran berhasil dievakuasi dari perairan Libya, Senin (29/8). Otoritas Italia mengatakan ini menjadi salah satu operasi penyelamatan terbesar yang pernah terjadi.

Misi ini melibatkan 40 tim yang bergerak ke 20 km dari kota Sabratha, Libya. Video rekaman saat misi menunjukan para migran bersorak saat kapal laut menjangkau mereka.

Sebagian besar sudah tersebar berenang di lautan. Ada yang langsung melompat ke air untuk berenang menuju tim penyelamat. Terlihat bayi-bayi yang menangis berusaha dibawa ke atas kapal penyelamat.

Menurut MSF yang ikut dalam operasi, salah satu bayi bahkan masih berumur lima hari. Juru bicara penjaga pantai Italia mengatakan pada AFP hari itu adalah wakut tersibuk dalam beberapa waktu belakangan.

Para migran tersebut berasal dari Eritrea dan Somalia. Tak hanya mereka, otoritas Italia juga mengevakuasi 1.100 migran dari area yang sama pada Ahad.

Operasi pada Senin melibatkan kapal dari Italia, lembaga perbatasan Uni Eropa Frontex dan lembaga swadaya Proactiva Open Arms juga Medecins Sans Frontieres. AP melaporkan perahu yang digunakan migran tidak layak, kurang bahan bakar dan terlalu padat.

Para migran ini melarikan diri dari konflik dan kemiskinan di negara asal mereka. Tidak hanya migran asal Timur Tengah tapi juga dari negara-negara Afrika.

Baca juga,  Lebih dari Satu Juta Migran Tiba di Eropa.

Menurut data Organisasi Migrasi, sekitar 106 ribu migran tiba di Italia selama tahun ini. Sebanyak 2.726 tewas saat dalam perjalanan karena tenggelam. Sekitar 275 ribu migran lainnya berada di Libya dan hendak menuju Eropa.

Secara keseluruhan, sekitar 284 ribu migran telah masuk Eropa sejauh ini. Mereka menggunakan beragam rute baik melalui Afrika, Asia atau Timur Tengah. Tahun lalu, Eropa menerima sekitar 1,2 juta migran dari tiga wilayah tersebut.

Menurut data badan pengungsi PBB, total migran yang datang ke Italia adalah 112.500 orang. Jumlahnya lebih sedikit dari periode yang sama tahun lalu yakni 116 ribu orang.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA