Thursday, 12 Syawwal 1441 / 04 June 2020

Thursday, 12 Syawwal 1441 / 04 June 2020

Menguji Konsistensi Hull City

Sabtu 27 Aug 2016 22:15 WIB

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Fernan Rahadi

Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic

Foto: REUTERS/Darren Staples

REPUBLIKA.CO.ID, HULL -- Langkah gemilang klub promosi, Hull City, memulai musim 2016/2017 menghadirkan deretan sanjungan. Bagaimana tidak, dua laga mereka lalui dengan kemenangan.
 
Lawan yang mereka hadapi pun bukan sembarangan. Pada laga pembuka, Hull membekap juara bertahan Leicester City. Pada pekan kedua, Hull menggilas Sunderland yang punya manajer kawakan di kancah Liga Primer Inggris dalam diri David Moyes.
 
Ketika publik menilai Hull akan kelelahan karena tiga hari kemudian harus kembali berlaga, ternyata the Tigers bisa membalikkan dugaan. Melakoni partai ronde kedua Piala Liga lawan Exeter City, Hull meraih kemenangan meyakinkan 3-1.
 
Tiga laga, tiga kemenangan, keberhasilan Hull ini amat luar biasa mengingat langkah mereka memulai musim amat tertatih. Pertama, Hull belum memperkerjakan pelatih tetap setelah pengunduran diri Steve Bruce bulan lalu.
 
Beruntung masih ada Mike Phelan. Aisten pelatih yang menjelma jadi juru taktik andal ini bisa menjaga momen kemenangan Hull.

Masalah kedua adalah soal kebijakan transfer. Hingga saat ini, tak ada pembelian pemain penting yang Hull lakukan. Seluruh anggota tim inti yang berada di lapangan adalha 11 orang yang sama membela Hull musim lalu. Akan tetapi, runner-up Piala FA 2014 ini mampu membuktikan diri sebagai tim yang patut diperhitungkan.
 
Konsistensi Hull memang belum sepenuhnya teruji. Namun laga kontra raksasa Liga Primer Inggris, Manchester United di Stadion KCOM, Sabtu (27/8) malam bisa dijadikan tolok ukur.
 
Laga melawan tim yang juga menggasak dua kemenangan pada pembukaan musim ini kian menarik karena pelatih sementara Hull, Mike Phelan, bukan orang asing bagi MU. Phelan adalah bekas pemain sekaligus eks asisten pelatih MU di era Sir Alex Ferguson. Meski sudah tiga tahun meninggalkan Hull sejak Fergie pensiun 2013 silam, Phelan mungkin masih bisa menakar kekuatan bekas timnya.
 
Gelandang Hull, Sam Clucas, menyebut laga nanti akan sangat istimewa bagi Phelan. Menurut dia, juru taktik 53 tahun itu bisa menunjukkan kejeniusannya di hadapan manajemen Setan Merah. “Mike melakukan perkerjaan yang sangat brilian. Kami mempercayainya dan kami pun bisa melangkah bersama-sama dengan keyakinan,” kata Clucas dikutip dari /Express//, Rabu (24/8).
 
Namun menurutnya, laga melawan United bukan hanya ditunggu oleh Phelan. Pemain 25 tahun ini mengatakan, dia pun merupakan fan berat United. Sehingga, partai melawan klub idola akan sangat dinantikan olehnya. “Sebagai pemuda yang sejak dulu mengidolai United, saya benar-benar sangat menantikan laga nanti,” kata Clucas.
 
Manajer United, Jose Mourinho menyebut laga kontra Hull akan jadi pembuktian kekuatan baru MU selanjutnya. Selalu menang dalam tiga laga resmi yang dilalui musim ini, Mourinho percaya diri pasukannya bisa meraih poin di kandang Hull.
 
Bukan hanya satu, pelatih asal Portugal ini akan mendorong para pemainnya untuk bisa menyabet tiga poin demi menjaga kursi di papan atas klasemen. “Kami sudah menunjukkan semangat Manchester United yang baru. Saya pikir kami tidak pernah mau untuk mengendurkan laju sejauh ini,” kata Mourinho.
 
Eks pelatih Real Madrid ini mengatakan, melawan Hull, sejumlah pemain utama seperti Zlatan Ibrahimovic, Paul Pogba, dan Eric Bailly akan kembali dimainkan. Menurut dia, ketiga pemain ini sudah menambah kekuatan United pada setiap laga.
 
“Tentu dengan para pemain lainnya yang punya peran masing-masing. Kami belum menunjukkan seluruhnya. Tapi saya sangat senang karena jadwal kami berlaga hanya sepekan sekali,” ujar dia.


Prediksi Susunan Pemain

Hull City (4-3-3)
Manajer: Mike Phelan

Kiper : Kuciak
Bek tengah : Maguire, Livermore
Bek kiri : Tymon
Bek kanan : Mohamady
Gelandang : Maloney, Meyler, Bowen
Striker : Olley, Luer, Diomande

Manchester United (4-2-3-1)
Manajer: Jose Mourinho

Kiper : De Gea
Bek tengah : Blind, Bailly
Bek kiri : Shaw
Bek kanan : Valencia
Gelandang bertahan : Pogba, Fellaini
Gelandang serang : Martial, Rooney,  Mkhitaryan
Striker : Ibrahimovic

Tiga Laga Terakhir Hull City

13/08/16    Hull City    2-1    Leicester City
20/08/16    Swansea City    0-2    Hull City   
24/08/16    Exeter City    1-3    Hull City   

Tiga laga terakhir Manchester United   

07/08/16    Leicester City    1-2    Manchester United
14/08/16    Bournemouth    1-3    MU
20/08/16    Manchester United    2-0    Southampton

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA