Saturday, 7 Syawwal 1441 / 30 May 2020

Saturday, 7 Syawwal 1441 / 30 May 2020

In Picture: Mahout, Sang Pawang Gajah

Kamis 25 Aug 2016 06:00 WIB

Rep: Nico Kurnia Jati/ Red: Yogi Ardhi Cahyadi

Foto: Nico Kurnia Jati

REPUBLIKA.CO.ID, Mahout adalah istilah yang digunakan secara internasional untuk pawang gajah. Mahout sendiri diserap dari bahasa Hindi (mahaut) dan bahasa Sansekerta (mahamatra). India, Sri Langka, Kamboja, Myanmar, Thailand, dan Indonesia juga menggunakan sebutan kata mahout untuk mengistilahkan profesi pawang gajah.

 

Menjadi seorang mahout juga bukanlah tugas yang ringan. Risiko gajah asuhannya yang mengamuk, hingga datangnya gajah liar ke permukiman dan ladang warga selalu mengancam. Di sisi lain, mahout harus memperlakukan sang gajah layaknya anggota keluarganya sendiri. Mahout pun harus memperlakukan gajah-gajah yang ada di alam liar dengan kasih sayang.

 

Untuk memenuhi kebutuhan pelatihan gajah, Pusat Konservasi Gajah - Taman Nasional Way Kambas mulai mendatangkan beberapa mahout dari Thailand, lengkap dengan gajah latih yang juga didatangkan dari sana. Materi pelajaran pelatihan gajah tersebut dibagi menjadi beberapa materi pokok, seperti penangkapan gajah liar, pengerungan atau penjinakan, pelatihan kemampuan sirkus dan patroli. 

 

Ada hal yang menarik dari proses interaksi manusia dan gajah tersebut.  Gajah dan para mahoutnya bagaikan sepasang sepatu yang selalu bersama. Sebuah pemandangan yang unik jika mahout memperlakukan gajahnya seperti anak sendiri hingga menganggapnya seperti manusia, dengan mengajaknya berbicara dan bercerita tentang kehidupan sehari-hari.   

Sumber : Republika

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA