Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

DPR Apresiasi Program SDGs di Kabupaten Bojonegoro

Rabu 24 Aug 2016 12:09 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Nurhayati Ali Assegaf

Nurhayati Ali Assegaf

Foto: Tahta Aidilla/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panitia Kerja (Panja) Sustainable Development Goals ( sdg s) Badan Kerja Sama antar Parlemen (BKSAP) mengapresiasi Kabupaten Bojonegoro, karena mempunyai dua program SDGs atau Tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) yang sangat baik. Kabupaten Bojonegoro memiliki program desa sehat dan desa cerdas.

Ketua Panja SDGs Nurhayati Ali Assegaf mengatakan kunker Panja SDGs BKSAP ini bertujuan diantaranya melihat langsung agenda pembangunan berkelanjutan di tingkat daerah dengan melihat konteks situasi dan potensi daerah. Kunjungan ke Bojonegoro ini juga untuk melakukan sosialisasi dan diseminasi agenda pembangunan berkelanjutan, agar  TPB lebih 'akrab' di dalam kesehatan masyarakat Indonesia. Selain itu, untuk menarik aspirasi dan presepsi masyarakat Bojonegoro dalam menentukan prioritas-prioritas yang ada di agenda pembangunan berkelanjutan Kabupaten Bojonegoro.

Seperti diketahui, SDGs untuk periode 2015-2030 ini sudah di sepakati oleh ratusan kepala negara dan kepala pemerintah saat menghadiri sidang umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat. Pada sidang itu, Indonesia diwakili oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

“Di Indonesia, langkah tersebut ditindaklanjuti oleh dpr dengan membentuk Panja SDGs, yang selanjutnya akan mengeksaminasi lebih dalam proses-proses yang dibutuhkan untuk mendukung pelaksanaan kebijakan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan,” kata Nurhayati.

PBB telah menjelaskan pentingnya peran Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) terhadap pembangunan berkelanjutan sehingga pentingnya keterlibatan DPR dalam menyosialisakian program SDGs. “Dari 17 tujuan SDGs, ada beberapa yang di fokuskan antara lain mencerdaskan bangsa, kesejahteraan rakyat, tidak ada lagi kemiskinan dan kelaparan, kesehatan masyarakat, kesetaraan perempuan, peran kita di dunia global,” kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Bojonegoro Suyoto menyampaikan di hadapan seluruh Tim Panja SDGs BKSAP, Kabupaten Bojonegoro sejak tanggal 22 Maret lalu, telah mencanangkan SDGs sebagai komitmen. Komitmen itu meliputi kehidupan tanpa kemiskinan, tanpa kelaparan, tanpa ketidakadilan dan tanpa kesenjangan dalam pembangunan ekonomi tanpa mengorbankam adanya keseimbangan di lingkungan sosial dan alam.

Suyoto menambahkan, Kabupaten Bojonegoro sudah secara resmi menyatakan diri sebagai satu-satunya daerah yang siap dalam perlaksanaan SDGs dan juga sudah membuat beberapa komitmen untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

Kunjungan kerja Panja SDGs BKSAP di ikuti oleh sejumlah Anggota BKSAP, Wakil Ketua Panja Rofi Munawar (F-PKS), Syaifullah Tamliha (F-PPP), Venna Melinda (F-Demokrat), Tjatur Sapto Edy (F-PAN), Amelia Anggraini (F-Nasdem) dan Zaenudin Amali (F-PG).

Sumber : pemberitaan DPR
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler