Rabu 24 Aug 2016 10:24 WIB

Sayembara Desain Homestay Berhadiah Total Rp 1 Miliar, Mau Ikut?

Homestay Sawahlunto
Homestay Sawahlunto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada tantangan menarik bagi Anda desainer atau arsitek. Ketua Pokja Tim Percepatan 10 Top Destinasi Kementerian Pariwisata, Hiramsyah Sambudhy Thaib mengajak para desainer, arsitek, ahli gambar bentuk rumah mengikuti Sayembara Desain Arsitektur Nusantara untuk rumah wisata (homestay). Pendaftaran dibuka 4 Agustus sampai 20 September 2016. Syarat dan ketemtuan, bisa di klik di www.arsitekturnusantara.propanraya.com.

“Batas akhir  penerimaan karya, pada 20 September 2016, pukul 17.00 WIB. Sedangkan pengumuman dan Penyerahan Hadiah oleh Menteri Pariwisata RI pada 27 September 2016. Masih cukup waktu untuk memikirkan desain arsitektur itu, silakan bergabung di sayembara ini, hadiah total Rp 1 miliar,” ajak Hiramsyah, yang juga Mantan Ketua Asosiasi Kawasan Pariwisata Indonesia itu.

Tema Sayembara adalah 'Sayembara Desain Arsitektur Nusantara' untuk mendukung Pengembangan 10 Destinasi Wisata prioritas Indonesia. Sayembara ini untuk memberikan kesempatan Arsitek di seluruh Indonesia untuk turut memajukan arsitektur Nusantara. Selain itu juga untuk memberikan solusi kepada kementrian Pariwisata dalam mengembangkan kawasan wisata dengan desain yang terbaik.

Sepuluh destinasi wisata itu mencakup Danau Toba Sumatera Utara, Tanjung Kelayang Bangka Belitung, Tanjung Lesung Banten, Kepulauan Seribu DKI Jakarta,  Borobudur Jawa Tengah, Bromo tengger – Semeru Jawa Timur, Mandalika Lombok – NTB, Labuan Bajo, Flores – NTT, Wakatobi, Sulawesi Tenggara dan Morotai, Maluku.

Lalu apa speknya? Apa saja yang di desain? Judul Karya, Konsep Perancangan, Gambar Denah, Tampak dan Potongan Bangunan yang akan digunakan sebagai hunian sewa di daerah wisata. Dalam Gambar Denah sudah mencakup kamar pemilik bangunan, kamar yang disewakan, serta kamar mandi dan dapur yang dapat digunakan bersama-sama. Desain Bangunan, berupa rumah tunggal, berlantai satu atau dua Tipe Bangunan dapat berjenis Landed House atau Rumah Panggung.

Luasan bangunan adalah 36 meter persegi. Desain sudah mencakup desain 36 meter persegi dengan potensi pengembangan menjadi 54  meter persegi. Estimasi biaya pembangunan Rumah Wisata Nusantara seluas 36 meter persegi yang dimaksud di atas adalah sebesar Rp 125 juta. Dalam Konsep Perancangan, untuk efisiensi biaya pembangunan, diupayakan menggunakan material lokal/daerah setempat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement