Senin 22 Aug 2016 14:39 WIB

Kebiasaan Buruk Penggunaan Lensa Kontak Bisa Merusak Mata

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
kontak lensa
Foto: Digitaltrends
kontak lensa

REPUBLIKA.CO.ID, Laporan terbaru dari Center for Disease Control and Prevention menelisik 1.075 kasus infeksi terkait penggunaan lensa kontak. Sebagian besar dari kasus-kasus infeksi tersebut diketahui dapat menyebabkan kerusakan permanen pada mata.

Salah satu temuan kasus terkait penggunaan lensa kontak ini menunjukkan bahwa sekitar 20 persen kasus infeksi tersebut melibatkan kerusakan parah pada kornea mata. Infeksi pada kornea ini dapat merusak lapisan kornea yang lebih dalam sehingga cukup sulit untuk mengembalikan kondisi kornea seperti semula.

Dalam temuan lainnya, kerusakan kornea mata juga dapat disebabkan oleh goresan luka akibat penggunaan lensa kontak. Jika goresan luka ini parah, maka dibutuhkan transplantasi kornea untuk memulihkan kembali kesehatan mata.

Kedua contoh temuan kasus tersebut memang terdengar parah. Akan tetapi, kabar baiknya kasus-kasus infeksi berbahaya tersebut dapat dihindari karena sebagian besar pengguna lensa kontak yang mengalami infeksi diketahui melakukan kesalahan sendiri dalam penggunaan lensa kontak.

Salah satunya, pengguna lensa kontak tetap mengenakan lensa kontak mereka saat tidur meskipun tidak diresepkan. Kesalahan lainnya ialah pengguna lensa kontak mengenakan lensa kontak mereka lebih lama dari masa yang dianjurkan.

"Pengguna kontak lensa dapat menurunkan risiko infeksi yang berkaitan dengan lensa kontak melalui kebiasaan higiensi, seperti tidak tidur dengan lensa kontak kecuali diresepkan dan mengganti lensa kontak seperti yang diresepkan," jelas peneliti seperti dilansir Business Insider.

Menjaga kebersihan dalam penggunaan lensa kontak untuk menghindari infeksi pun sebenarnya tidak sulit. Salah satu yang perlu dilakukan pengguna ialah mencuci tangan sebelum memegang lensa kotnak. Di samping itu, pengguna juga perlu mengganti cairan lensa kontak kemarin dengan yang baru sebelum menaruh lensa kontak mereka pada cairan tersebut.

Tips lainnya dalam menjaga kebersihan lensa kontak ialah dengan mengenakan lensa kontak dalam jangka waktu yang ditetapkan dan tidak melebihi batas waktu tersebut. cara lain untuk menjaga kebersihan lensa kontak ialah dengan mencuci lensa kotnak dengan cairan khusus dan mengelap lensa kontak tersebut dengan handuk bersih secara rutin setelah penggunaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement