Sabtu 20 Aug 2016 22:38 WIB

Menteri Puan Tinjau Kampung Atlet Olimpiade untuk Asian Games

Rep: Agus Raharjo/ Red: Israr Itah
Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANEIRO—Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani meninjau gelaran Olimpiade Rio de Janeiro. Didampingi Ketua Umum KOI Erick Thohir dan Duta Besar Indonesia untuk Brasil Toto Riyanto, Puan meninjau langsung kampung atlet di jalan Olof Palme, Barra da Tijuca, Rio de Janeiro.

Puan menemui atlet-atlet bulu tangkis yang belum pulang ke Indonesia serta melihat fasilitas yang disediakan panitia Olimpiade untuk kontingen Olimpiade dari seluruh negara di dunia.

Dari hasil tinjauan Puan, kampung atlet yang disediakan oleh pemerintah Brasil tergolong lengkap. Semua kebutuhan atlet dan tim ofisial ada di area perkampungan atlet.

Jadi meskipun tertutup dari luar dan memiliki akses yang sulit ditembus, sebagian atlet merasa puas. Hanya soal selera makan memang berbeda-beda. Atlet Indonesia belum seluruhnya dapat mengikuti selera makanan yang disediakan di kampung atlet.

“Tadi saya bertemu dengan atlet bulu tangkis, mereka menyatakan puas, dan apa yang mereka inginkan ada di sini,” tutur Puan pada Republika.co.id usai mengunjungi Kampung Atlet di Rio de Janeiro, Jumat (19/8) malam waktu setempat.

Menurut Puan, apa yang ada di dalam kampung atlet Olimpiade Rio akan diterapkan juga di kampung atlet untuk Asian Games 2018 . Bahkan, Puan menjanjikan fasilitas yang disediakan Pemerintah Indonesia untuk gelaran Asian Games nanti lebih bagus dari fasilitas yang sudah disediakan Brasil untuk seluruh kontingen Olimpiade.

Setelah berkeliling, ia menilai tidak ada yang sulit untuk diterapkan di Indonesia. Sebab, semua sudah memiliki pembagian tugas masing-masing. Terkait infrastruktur misalnya, menjadi tugas dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Tim dari Kementerian akan meninjau langsung lokasi Olimpiade untuk dapat belajar dan diterapkan di Indonesia.

”Insya Allah tidak ada hambatan dan hal-hal yang diperlukan sudah disesuaikan dengan standar internasional IOC yang berkaitan dengan Asian Games tahun 2018,” ujar dia.

Puan juga menyatakan optimistis dengan persiapan gelaran Asian Games yang dilakukan Indonesia. Indonesia siap untuk menggelar even bertaraf Internasional.

Erick Thohir mengatakan, setelah meninjau Kampung Atlet, Menteri PMK akan meninjau lokasi IBC, tempat stasiun televisi menyiarkan Olimpiade Rio de Janeiro. Setelah itu, akan meninjau beberapa venue pertandingan antara lain di Olimpic Park dan Stadion Maracana di tengah kota Rio de Janeiro.

“Buat studi banding, bentuknya Gelora dan Maracana kan hampir sama,” ujar Erick. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement