Sabtu, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Sabtu, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Erick Thohir: Indonesia Kembalikan Tradisi Emas

Kamis 18 Agu 2016 02:59 WIB

Rep: Fauziah Mursyid/ Red: Dwi Murdaningsih

Pasangan Liliyana Natsir dan Tontowi Ahmad saat lagu kebangsaan Indonesia dikumandangkan.

Pasangan Liliyana Natsir dan Tontowi Ahmad saat lagu kebangsaan Indonesia dikumandangkan.

Foto: Marcelo del Pozo/REUTERS

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tepat di Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-71, lagu Indonesia Raya dikumandangkan di arena Rio Centro, Pavillion 4 seraya mengiringi keberhasilan tim bulu tangkis Indonesia di Olimpiade Rio de Jenairo, Brasil 2016. Yakni torehan medali emas yang berhasil dipersembahkan oleh pasangan ganda campuran Tontowi & Liliyana menjadi hadiah untuk HUT RI.

Ketua Umum‎ Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Erick Thohir mengatakan prestasi yang ditorehkan Tontowi & Liliyana berhasil mengembalikan tradisi emas di cabang bulu tangkis. "Bangsa Indonesia bangga terhadap prestasi Tontowi & Liliyana tersebut," ujar Erick dalam keterangan yang diterima Republika.co.id, Kamis (18/8).

Ia mengatakan banyak sejarah terjadi dalam setiap perhelatan Olimpiade. Menurutnya, hal ini juga bukan hal yang tidak mungkin bagi Indonesia untuk menorehkan sejarah baru ke depannya. "Oleh karenanya, kita harus terus menjadi bangsa yang optimistis," ujar Erick.

Diketahui, dalam final nomor ganda campuran pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir mengalahkan pasangan Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying dua gim langsung 21-15 dan 21-12 dalam waktu 43 menit. Konsistensi perjuangan Tontowi & Liliyana di final terbukti sejak awal, yakni memenangkan gim pertama dengan 21-14.

Kedua pasangan ini juga terus kompak dan tak henti melancarkan serangan ke pasangan Malaysia Chan Peng Soon & Goh Liu Ying. Kecermatan dan kesabaran Tontowi & Liliyana menjadi kunci dan membawa pasangan ini kembali menaklukkan pasangan Malaysia di gim kedua dengan 21-12 (2-0) dalam waktu 45 menit.

Jutaan pemirsa Indonesia turut menjadi saksi kemenangan ini dan akhirnya pasangan ganda campuran unggulan Indonesia dapat bernafas lega dan bersyukur atas tambahan medali yang disumbangkan bagi kontingen Indonesia. Ini merupakan medali emas pertama yang diraih Indonesia pada hari ke-13 pergelaran Olimpiade Rio.

Momen haru ketika pasangan ini naik keatas panggung kehormatan dan menyaksikan Merah Putih dikibarkan. Seluruh tim ofisial bulu tangkis Indonesia, jajaran KOI, Kemenpora, Satlak Prima, CdM serta seluruh pendukung turut mengumandangkan lagu Indonesia Raya dan mengingatkan dengan bangga bahwa Indonesia adalah bangsa pemenang dan bangsa yang besar.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA