Minggu, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 Desember 2019

Minggu, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 Desember 2019

Presiden India Ucapkan Selamat Hari Kemerdekaan untuk Indonesia

Rabu 17 Agu 2016 20:25 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Esthi Maharani

Pranab Mukherjee

Pranab Mukherjee

Foto: REUTERS

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI - - Presiden India, Pranab Mukherjee mengucapkan selamat hari kemerdekaan pada Indonesia, Rabu (17/8). Ia mengirimkan pesan pada Presiden Joko Widodo pada Selasa malam ketika Indonesia menyambut perayaan hari kemerdekaan yang ke-71.

"Atas nama Pemerintah, rakyat India dan saya pribadi, ini adalah kesempatan baik untuk mengirim pesan hangat dan ucapan selamat pada Pemerintah dan rakyat Indonesia yang ke-71," kata dia pada presiden Jokowi dikutip dari Indiablooms.com.  

Lebih lanjut ia menyinggung persamaan Indonesia dan India yang menganut Bhinneka Tunggal Ika. Hubungan kedua negara juga hangat dan bersahabat karena saling berkaitan dalam sejarah juga budaya.  

"Sebagai dua negara demokrasi terbesar dan perkembangan ekonomi dengan populasi muda, kita berupaya dengan tulus dalam mengembangkan ekonomi," kata Mukherjee.  Ia yakin agenda sosial dan ekonomi yang positif dua negara telah diapresiasi dunia.  

Mukherjee berharap hubungan dua negara terus dipererat dengan meningkatkan kerjasama di segala spektrum.  Menurutnya, India sangat berkomitmen dengan Indonesia termasuk di bidang pertahanan, keamanan, ekonomi, kultural hingga pendidikan yang bisa menguntungkan kedua pihak.

Diakhir pesannya, Mukherjee berdoa untuk perkembangan dan kesejahteraan rakyat Indonesia. Ia juga sekaligus mengundang Presiden Jokowi ke India tahun ini.  "Saya juga menunggu untuk menyambut anda di India tahun ini di waktu yang sudah disepakati bersama,"  tutupnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA