Wednesday, 4 Syawwal 1441 / 27 May 2020

Wednesday, 4 Syawwal 1441 / 27 May 2020

Akhir Bulan Ini Pemprov Jabar Gelar Festival Ciletuh

Rabu 17 Aug 2016 13:17 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Dwi Murdaningsih

Salah satu pemandangan di Geopark Ciletuh, Sukabumi, Jawa Barat.

Salah satu pemandangan di Geopark Ciletuh, Sukabumi, Jawa Barat.

Foto: IST

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Untuk menjadi bagian dari Unesco Global Geopark Network, Pemprov Jabar, kembali menggelar Ciletuh-Pelabuhanratu Geopark Festival 2016 yang dimulai pada 27-28 Agustus mendatang. Festival yang akan menampilkan beragam acara tersebut digelar di Pantai Batu Namprak, Ujunggenteng, Kabupaten Sukabumi.

Menurut Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, Ciletuh Geopark Festival tersebut merupakan bentuk komitmen Pemprov Jabar untuk memperjuangkan Ciletuh menjadi bagian dari UNESCO Global Geopark Network.

"Kami menargetkan, predikat tersebut paling lambat sudah bisa diraih Ciletuh pada Desember 2017 mendatang," ujar Deddy kepada wartawan, Selasa (16/8).

Selain itu, kata dia, melalui gelaran Ciletuh Geopark Festival itu, Pemprov Jabar juga ingin mempromosikan keragaman warisan budaya, bumi dan hayati di kawasan Geopark Ciletuh sebagai destinasi pariwisata bertaraf internasional di Jawa Barat. Pemprov Jabar pun, kata Deddy,terus mempersiapkan masyarakat setempat agar mampu dan siap mewujudkan Geopark Ciletuh sebagai destinasi wisata siap kunjung.

Festival Ciletuh ini, kata dia, bertujuan untuk mengenalkan Ciletuh tidak hanya ke masyarakat Indonesia, tapi juga ke dunia internasional. "Selain memperkenalkan keindahan alam, begitu banyak potensi wisata yang bisa dijual," kata Deddy.

Deddy mengajak, warga Jabar dan Indonesia bahkan mancanegara untuk berbondong-bondong datang ke kawasan Geopark Ciletuh di Sukabumi selatan pada gelaran Ciletuh-Pelabuhanratu Geopark Festival pada 27-28 Agustus mendatang.

Ada berbagai acara, kata Deddy, yang akan disuguhkan seperti ekspedisi geo climb, uji coba jalur sepeda, jelajah alam geopark Ciletuh, cultural performances mulai dari tarian dan seni tradisi, Ciletuh Adventure Challenge, atraksi perahu hias, festival layang-layang hias, festival surfing internasional hingga pesta rakyat dan acara menarik lainnya.

Gelaran Ciletuh Geopark Festival tahun ini, kata dia, memiliki konsep "Culture meet Nature". Yakni, terdapat harmoni antara kebudayaan manusia dan alam yang mewadahinya. Untuk mempromosikan acara Ciletuh Geopark Festival kepada masyarakat luas, Pemprov akan mengadakan pameran Ciletuh Geopark Expo di Trans Studio Mall Bandung mulai 19-21 Agustus.

"Disana pengunjung bisa melihat keindahan Ciletuh melalui pameran foto, pemeran kesenian dan budaya Ciletuh, pameran produk budaya seperti batik khas Ciletuh," kata Deddy.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA