HUT RI Momentum Tingkatkan Nasionalisme Hadapi MEA

Rabu , 17 Aug 2016, 11:25 WIB
Industri Kecil Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).
Foto: ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/ss/pd/15
Industri Kecil Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Upacara Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus merupakan salah satu momentum untuk meningkatkan nasionalisme ditengah berbagai persaingan global. Sekretaris Jenderal DPR  Winantuningtyas Titi Swasanany mengatakan peringatan HUT RI ke 71 ini momentum tepat untuk menyedarkan smeua lapisan masyarakat mengenai Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

“Momentum upacara ini penting karena kita baru saja memasuki Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), kita harus siap menghadapi berbagai persaingan global. Kita harus sadarkan generasi muda dan semua pemimpin bangsa ini. Inilah momen yang harus kita manfaatkan,” ujarnya usai melakukan upacara HUT RI ke 71 di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta pada Rabu, (17/8).

Selain itu, Win sapaan akrabnya menuturkan, HUT RI ini sebagai momentum untuk menyatukan berbagai elemen, seiring dengan persaingan global yang tidak bisa dihindari. Bangsa Indonesia, kata dia, harus bergerak cepat karena persaingan kini semakin luar bisa.

Win juga mengatakan Indonesia tidak bisa lagi memelihara egoisme sektoral. Sehingga elemen bangsa harus bisa menyatukan, terlebih kini usia kemerdekaan sudah memasuki 71 tahun. “Kita tak bisa lagi pelihara egoisme sektoral , kita harus bisa menyatukan persatuan bangsa. Dan ini sudah 71 tahun Indonesia merdeka masih banyak permasalahan yang dihadapi bangsa,” katanya.

Sumber : pemberitaan DPR